Penerapan simulasi kreatif berbantuan boneka tangan imajiner untuk meningkatkan kemampuan mengkritik/memuji menggunakan bahasa yang santun siswa kelas VI SDN Bandulan 5 Malang / Dhiyan Wulandhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan simulasi kreatif berbantuan boneka tangan imajiner untuk meningkatkan kemampuan mengkritik/memuji menggunakan bahasa yang santun siswa kelas VI SDN Bandulan 5 Malang / Dhiyan Wulandhari

Wulandhari, Dhiyan (2014) Penerapan simulasi kreatif berbantuan boneka tangan imajiner untuk meningkatkan kemampuan mengkritik/memuji menggunakan bahasa yang santun siswa kelas VI SDN Bandulan 5 Malang / Dhiyan Wulandhari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandhari Dhiyan. 2014. Penerapan Simulasi Kreatif Berbantuan Boneka Tangan Imajiner untuk Meningkatkan Kemampuan Mengkritik/Memuji Menggunakan Bahasa yang Santun Siswa Kelas VI SDN Bandulan 5 Malang. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata Kunci Simulasi Kreatif Boneka Tangan Imajiner Kemampuan Mengkritik/Memuji Bahasa Santun Siswa SD masih mengalami kesulitan dalam berbicara formal. Kemampuan mengkritik/memuji dengan bahasa yang santun merupakan kompetensi berbicara formal pada jenjang SD. Hasil observasi pada SDN Bandulan 5 Kota Malang menunjukkan bahwa siswa kurang percaya diri takut salah ucap kurang memahami penyesuaian tanggapan dengan pertanyaan kurang santun kurang runtut dalam pemberian ide dan guru kurang kreatif dalam menggunakan model dan alat bantu pembelajaran. Kemampuan siswa dalam mengkritik/memuji dengan bahasa yang santun relatif rendah. Salah satu pemecahan masalah adalah dengan menerapkan simulasi kreatif berbantuan boneka tangan imajiner untuk meningkatkan kemampuan mengkritik/memuji menggunakan bahasa yang santun. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan proses berbicara dan kemampuan mengkritik/memuji siswa berbantuan boneka tangan dengan bahasa yang santun. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Tagart. Penelitian diawali dengan melakukan observasi refleksi siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas VI SDN Bandulan 5 Kota Malang dengan jumlah siswa 19. Instrumen yang digunakan adalah tes pedoman observasi kamera foto dan handycame. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan simulasi kreatif berbantuan boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan mengkritik/memuji memiliki 3 langkah utama yakni (1) persiapan simulasi tahap pra wicara (2) pelaksanaan simulasi tahap wicara dan (3) penutup tahap pascawicara. Penerapan simulasi kreatif berbantuan boneka tangan imajiner dapat meningkatkan keberanian dan kelancaran siswa dalam mengutarakan pendapat serta meningkatkan kemampuan mengkritik/memuji siswa dengan bahasa yang santun. Saran ditujukan bagi guru agar membelajarkan siswa dengan simulasi kreatif berbantuan boneka tangan imajiner untuk meningkatkan kemampuan mengkritik/memuji.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62735

Actions (login required)

View Item View Item