Pengembangan media puzzle kancing buatan untuk proses pembelajaran bilangan siswa kelas I sekolah dasar / Sumiatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media puzzle kancing buatan untuk proses pembelajaran bilangan siswa kelas I sekolah dasar / Sumiatun

Sumiatun (2014) Pengembangan media puzzle kancing buatan untuk proses pembelajaran bilangan siswa kelas I sekolah dasar / Sumiatun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumiatun. 2014. Pengembangan Media Puzzle Kancing Buatan Untuk Proses Pembelajaran Bilangan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II)Dr. H. Sulton M.Pd. Kata Kunci Media Puzzle Kancing Buatan Proses pembelajaran Bilangan 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran bilangan dalam konteks pembelajaran tematik hendaknya sesuai dengan karakteristik siswa dan mengacu pada tahapan penanaman konsep tbilangan Dienes. Pada pembelajaran tematik di lapang berdampak pada semua perangkat pembelajaran khususnya ketersedia media yang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang ditemukan ketersediaan media pembelajaran tematik kurang mengaktifkan siswa dan pemahaman guru tentang tahapan penanaman konsep bilangan kurang.. Salah satu pemecahan masalah adalah dengan memilih mengembangkan media puzzle kancing buatan yang sesuai dengan karakteristik siswa. Media puzzle kancing buatan dapat menjadi pilihan media oleh guru dalam pembelajaran tema alam yang mengaktifkan siswa dan sesuai dengan perkembangan anak. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian dan pengembangnan ini adalah menghasilkan sebuah media puzzle kancing buatan yang dikembangkan untuk proses pembelajaran bilangan pada tema alam di kelas I SD. Media dilengkapi dengan buku seri menggunting dan menempel. Produk yang dihasilkan diukur berdasarkan tingkat kevalidan keterterapan dan keefektifannya. Penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan hasil modifikasi model pengembangan Borg Gall serta Akbar Sriwiyana. Model pengembangan terdiri dari 6 langkah yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi ahli (5) uji coba produk dan (6) produk akhir. 12288 12288 12288 12288 Ujicoba produk terdiri atas uji coba ahli dan uji coba terbatas. Hasil validasi ahli terhadap kelayakan media sebagai APM maupun kontens isi persentase sebesar 77 14% dengan kategori sangat valid. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui keterterapan dan keefektifan.Tingkat keterterapan produk mencapai 78 5% dengan kategori cukup tinggi. Tingkat keefektifan produk mencapai 80% dengan kategori sangat baik.Berdasarkan data diatas produk yang telah dikembangkan dapat dikatakan valid memiliki keterterapan cukup tinggi dan memiliki keefektifan baik. 12288 12288 12288 12288 Saran pemanfaatan media puzzle kancing buatan dalam pembelajaran terletak pada pemberian pengalaman pada siswa utuk memasang kancing atau menghias baju dengan kancing jumlah tetentu dan merangkai kancing hingga membentuk kancing puluhan. Media puzzle kancing buatan disarankan dapat didesiminasikan dalam skala luas dengan memperhatikan karakteristik siswa dan mmperhatikan proporsi banyak siswa dan media yang seimbang. Media Puzzle Kancing Buatan dapat dikembangkan lebih lanjut pada tema pembelajaran yang berbeda serta untuk proses pembelajaran di kelas tinggi dan operasi bilangan yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62733

Actions (login required)

View Item View Item