Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui pendekatan pembelajaran terpadu model connected (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Inpres Tetandara Kabupaten Ende T/A 2013/2014) / Gregorius We'u - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui pendekatan pembelajaran terpadu model connected (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Inpres Tetandara Kabupaten Ende T/A 2013/2014) / Gregorius We'u

We'u, Gregorius (2014) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui pendekatan pembelajaran terpadu model connected (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Inpres Tetandara Kabupaten Ende T/A 2013/2014) / Gregorius We'u. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

We u Gregorius. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Pendekatan Pembelajaran Terpadu Model Connected (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tetandara Kabupaten Ende Tahun Ajaran 2013/2014).Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. Wahjoedi M. Pd M.E. (II) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata kunci Aktivitas belajar siswa hasil belajar dan pendekatan pembelajaran terpadu model Connected. Pembelajaran IPS yang dilaksanakan pada jenjang Sekolah Dasar memiliki tujuan penting yakni agar siswa tumbuh dan berkembang menjadi warga negara Indonesia yang mengenal diri dengan kemampuan berpikir kritis logis dan memiliki rasa ingin tahu terhadap sesuatu. Dengan mengenal diri siswa mampu mengenal sesama dan lingkungan yang memiliki nilai-nilai sosial di dalamnya yakni persaudaraan dan kebersamaan sehingga dituntut untuk membangun komunikasi. Dalam konteks pembelajaran di sekolah siswa dibimbing untuk memiliki seperangkat kemampuan pengetahuan nilai dan sikap untuk mengembangkan kehidupan. Untuk itu dalam proses pembelajaran guru tidak menjadi single actor dalam pembelajaran tetapi melibatkan siswa untuk berperan aktif di dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dalam pembelajaran perlu dikembangkan denganmenggunakan model-model pembelajaran yang sesuai agar menunjang aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari data studi pendahuluan ditemukan bahwa siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menujukkan hasil belajar yang rendah. Sehingga peneliti mengembangkan materi pembelajaran dengan munggunakan pendekatan pembelajaran terpadu model Connected. Dari penerapan model pembelajaran ini diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa pun meningkat. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa kelas V SD Inpres Tetandara Kabupaten Ende Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 13 siswa dan 14 siswi. Penelitian berlangsung selama dua siklus yang hasilnya menunjukkan bahwa pada siklus I observasi keterlaksanaan pembelajaran mencapai 82 56% dan siklus II mencapai 100%. Hal ini berarti bahwa pada siklus II terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran mencapai 17 44% dari siklus I. Untuk observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 3.704% dan siklus II mencapai 100%. Hal ini berarti bahwa pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa mencapai 96 296% dari siklus I. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 100% dan siklus II mencapai 100%. Hal ini berarti bahwa baik siklus I maupun siklus II hasil belajar siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah. Sedangkan untuk respon siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran terpadu model Connected pada siklus I mencapai 100% dan siklus II mencapai 100%. Hal ini berarti bahwa baik siklus I maupun siklus II siswa memiliki tanggapan yang positif terhadap penerapan pendekatan pembelajaran terpadu model Conneceted. Dari hasil penelitian tersebut dapat dijelaskan bahwa peningkatan aktivitas dan hasilbelajar IPS materi proklamasi Kemerdekaan Indonesia studi pada siswa Kelas V SD Inpres Tetandara Kabupaten Ende Tahun Ajaran 2013/2014 dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu model Connected dapat dilaksanakan dengan baik danterbukti berhasil. Dengan demikian peneliti menyarankan agar guru dapat mendalami dan menerapkan berbagai model pembelajaran agar pembelajaran menjadi pembelajaran yang membantu siswa untuk aktif kreatif dan menyenangkan sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Untuk peneliti selanjutnya disarankan agar hasil penelitian ini dapat menjadi referensi tambahan agar kajian penelitiannya lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62732

Actions (login required)

View Item View Item