Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri untuk kelas V SD / Baiq Niswatul Khair - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri untuk kelas V SD / Baiq Niswatul Khair

Khair, Baiq Niswatul (2014) Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri untuk kelas V SD / Baiq Niswatul Khair. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khair Baiq Niswatul. 2014. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri untuk Siswa Kelas V SD. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M. Sc. Ph. D. (II) Dr. Endang Suarsini M. Ked. Kata Kunci bahan ajar IPA inkuiri hasil belajar keterampilan proses sains 12288 12288 12288 12288 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu mata pelajaran yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. IPA bukan hanya berupa produk pengetahuan saja (fakta teori konsep prinsip dan prosedur) melainkan juga proses dan sikap. Pembelajaran IPA akan menjadi bermakna apabila proses pembelajaran memberi kesempatan pada siswa untuk bereksperimen bereksplorasi menemukan sendiri menyelesaikan masalah dan belajar menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran IPA akan terlaksana secara optimal apabila didukung oleh berbagai komponen pembelajaran salah satunya bahan ajar. Bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang akurat relevan komunikatif lengkap dan sistematis dan berorientasi pada siswa. Studi pendahuluan yang dilakukan di SDN 4 Praya pada tanggal 14 Agustus 2013 menunjukkan kesenjangan antara kondisi pembelajaran serta bahan ajar yang digunakan dengan kondisi ideal. Bahan ajar yang digunakan belum mampu memfasilitasi siswa untuk melakukan aktivitas ilmiah seperti inkuiri sehingga proses pembelajaran IPA tidak berjalan dengan optimal. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPA berupa bahan ajar siswa dan pegangan guru berbasis inkuiri yang sahih atau valid efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa dan praktis digunakan oleh siswa dan guru. 12288 12288 12288 12288 Peneliti mengembangkan bahan ajar menggunakan model penelitian dan pengembangan modifikasi Borg and Gall (2003). Adapun tahapan yang dilalui terdiri dari 6 langkah yakni 1) studi pendahuluan 2) perencanaan 3) pengembangan 4) validasi 5) uji coba 6) produk akhir. Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli untuk menguji tingkat validitas bahan ajar dari aspek isi/materi desain dan bahasa. Sedangkan uji coba dilakukan untuk menguji keefektifan serta kepraktisan bahan ajar. Uji coba dilakukan pada kelas terbatas yakni di kelas Vb SDN 4 Praya melalui lesson study. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi ahli bahan ajar IPA berbasis inkuiri mendapatkan perolehan sebesar 97.56% terhadap isi/materi 92.39% terhadap bahasa dan 81.25% terhadap desain bahan ajar. Hasil uji coba kelas terbatas menunjukkan perolehan hasil belajar siswa sebesar 88.7 dan 100% siswa telah mencapai KKM serta persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 78.51%. Selain itu persentase kepraktisan yang diperoleh adalah 89.59% bagi siswa dan 92.85% bagi guru. Berdasarkan paparan data tersebut bahan ajar IPA berbasis inkuiri layak digunakan karena telah dikategorikan sangat valid efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses siswa serta praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPA pada kelas Vb di SDN 4 Praya. Dibutuhkan komitmen dari semua pihak baik guru siswa sekolah dan orang tua untuk menggunakan bahan ajar ini sesuai dengan petunjuk yang ada agar hasil lebih optimal. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan ada proses uji coba dalam skala yang lebih luas kemudian bahan ajar tersebut dapat disebarluaskan (diseminasi).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62731

Actions (login required)

View Item View Item