Nasrudin, Ali (2016) Peningkatan keterampilan menulis teks cerita petualangan menggunakan teknik rumpang pada siswa kelas IV SDN Arjowinangun 1 Kota Malang / Ali Nasrudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nasrudin Ali. 2016. PeningkatanKeterampilanMenulisTeksCeritaPetualanganMenggunakanTeknikRumpangpadaSiswaKelas IV SDN Arjowinangun 1 kota Malang. Skripsi Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanSekolahdanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. MuhanaGipayana M.Pd (2) Drs AchmadBadawi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Menulis TeksCeritaPetualang TeknikRumpang BerdasarkanobservasidiketahuibahwapembelajaranmuatanBahasa Indonesia padateksceritapetualangankelas IV SDN Arjowinangun 1 kota Malang masih menggunakanmetodeceramahsertapenugasanmenulissecaraotodidak. Hal iniberdampakpada 54 7% siswamemperolehhasilbelajarnilaikurangdari KKM yang ditentukan yaitu 75. Penelitianinibertujuan untuk (1) mendeskripsikanpenerapanpembelajarandenganteknikrumpangpadateksceritapetualangan (2) mendeskripsikanpeningkatanketerampilanmenulisceritapetualanganmenggunakanteknikrumpang. PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas (PTK) dandilaksanakandalamduasiklus.Setiap siklus terdiri dari tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukandenganteknikobservasi wawancara studidokumentasi dantes.Data yang terkumpuldianalisissecaradeskriptifkualitatifdandeskriptifkuantitatif. HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanteknikrumpangdapatmeningkatkanpembelajaranmuatanBahasa Indonesia padamateriteksceritapetualangansiswakelas IV SDN Arjowinangun 1 kota Malang. Hasilketerampilanmenulissiswadarisiklus I kesiklus II meningkatkarenapembelajaranmenggunakanteknikrumpangdilaksanakansecaraurutdansistematissesuaidenganlangkah-langkahpenerapanteknikrumpangpadateksceritapetualangan. Hal tersebutterbuktidari rata-rata hasilteksceritapetualangansiswapadapratindakantindakannilainya 63 69 siklus I 69 64 danpadasiklus II 74 05. Ketuntasanbelajarpadapratindakan 45 2% siklus I 57 1% dansiklus II 76 2%. BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanteknikrumpangdapatmeningkatkanpembelajaranmuatanBahasa Indonesia kelas IV SDN Arjowinangun 1 kota Malang padamateriketerampilanmenulisteksceritapetualangan. Saran yang bisadiberikanberdasarkanpenelitiansebagai berikut (1) siswadiharapkanmemperkayaperbendaharaan kata melaluimembacauntuk menunjang hasil tulisan (2) bagi guru hasilpenelitianinidapatdijadikanbahanpertimbangan guru dalamaspekketerampilanmenulispadateksceritapetualangan (3) dalam menerapkan pembelajaran menggunakan teknik rumpang sebaiknya guru dapat memperhatikan pengelolaan kelas yang baik sehingga pembelajaran tidak membosankan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6273 |
Actions (login required)
View Item |