Pengaruh penggunaan integrasi pembelajaran berbasis masalah - JIGSAW (PBM-JIGSAW) terhadap kemampuan berpikir kritis / Romiro Torang Purba - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan integrasi pembelajaran berbasis masalah - JIGSAW (PBM-JIGSAW) terhadap kemampuan berpikir kritis / Romiro Torang Purba

Purba, Romiro Torang (2014) Pengaruh penggunaan integrasi pembelajaran berbasis masalah - JIGSAW (PBM-JIGSAW) terhadap kemampuan berpikir kritis / Romiro Torang Purba. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purba Romirio Torang. 2014. Pengaruh Penggunaan Integrasi Pembelajaran Berbasis Masalah-Jigsaw (PBM-Jigsaw) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Tesis Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci Masalah Integrasi PBM-Jigsaw Berpikir Kritis. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu elemen penting bagi semua orang khususnya siswa sekolah dasar. Hasil dari studi awal menunjukkan siswa menghadapi masalah sehubungan dengan kemampuan berpikir kritis. Kehadiran integrasi PBM-Jigsaw sebagai salah satu strategi pembelajaran sangat menarik untuk ditelaah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi keefektifan integrasi PBM-Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SDN Percobaan 1 Malang pada tahun akademik 2013/2014. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi dengan desain non-equivalent control group karena subyek-subyek dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diambil langsung dari dua kelas yang sudah ada. Ada 68 orang siswa dilibatkan sebagai subyek penelitian yang dibagi ke dalam dua kelompok. 34 siswa kelas lima(A) sebagai kelompok eksperimen dan 34 siswa kelas lima(B) sebagai kelompok kontrol. Untuk pengumpulan data 16 soal pilihan ganda tes berpikir kritis yang dimodifikasi dari Ennis Cornell Critical Thinking Level-X digunakan peneliti sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan prosedur statistik yaitu PASW versi 18. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penghitungan statistik hasilnya menunjukkan bahwa tes Levene lebih tinggi daripada nilai signifikansi minimum (0 802 0 05). Hasil ini mengindikasikan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok dalam hal kemampuan berpikir kritis sehingga anakova dapat digunakan. Selanjutnya hasil dari pengujian anakova menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih rendah daripada nilai signifikansi minimum (0 000 0 05) dengan demikian hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok dalam hal kemampuan berpikir kritis. 12288 12288 12288 12288 Hasil ini memberikan keyakinan untuk menyimpulkan bahwa integrasi PBM-Jigsaw lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas 5 SDN Percobaan 1 Malang. Oleh karena itu direkomendasikan kepada guru IPA untuk menerapkan integrasi PBM-Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bagi para peneliti dianjurkan untuk melakukan penelitian tentang strategi ini dengan rancangan yang berbeda sekaligus menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu sumber rujukan. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62729

Actions (login required)

View Item View Item