Peningkatan aktivitas dan hasil belajar memahami instruksi sederhana melalui metode total physical response pada pelajaran bahasa Inggris / Yuliani Sepe Wangge - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar memahami instruksi sederhana melalui metode total physical response pada pelajaran bahasa Inggris / Yuliani Sepe Wangge

Wangge, Yuliani Sepe (2014) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar memahami instruksi sederhana melalui metode total physical response pada pelajaran bahasa Inggris / Yuliani Sepe Wangge. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wangge Yuliani sepe. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Memahami Instruksi Sederhana Melalui Metode Total Physical Response pada Pelajaran Bahasa Inggris. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar konsentrasi guru kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Stephanus Djawanai M.A. Kata kunci aktivitas belajar hasil belajar total physical response Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Ende 5 terdapat permasalahan dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas IVA yaitu a) rendahnya hasil belajar siswa b) rendahnya aktivitas belajar siswa. Hal ini terjadi karena a) model pembelajaran yang berpusat pada guru dengan sistem ceramah b) siswa hanya menjadi obyek pembelajaran c) kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan metode Total Physical Response (TPR). Metode TPR merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa secara individu maupun kelompok untuk lebih bertanggungjawab meningkatkan rasa percaya diri menjawab pertanyaan dan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas IVA SDN Ende 5 semester genap 2013-2014 dengan jumlah siswa 24 orang 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilakukan melalui dua siklus dengan empat kali pertemuan setiap siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data proses dan hasil. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi kegiatan pembelajaran guru lembar observasi aktivitas siswa tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) kegiatan pembelajaran oleh guru terlaksana dengan sangat baik pada siklus I 70 90% menjadi 83 32% pada siklus II b) meningkatkan aktivitas belajar bahasa Inggris. Aktivitas belajar siswa mencapai 72 61% pada siklus I menjadi 92 92 % pada siklus II c) meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Hasil belajar pada siklus I adalah 54 16% menjadi 100% pada siklus II. Dari penelitian ini disarankan kepada pengajar bahasa Inggris a) memberikan motivasi yang besar pada siswa agar siswa lebih aktif dalam menyelesaikan tugas b) memberikan penjelasan lebih detail tentang penerapan metode TPR dan unsur-unsur yang dinilai agar siswa lebih paham dan mengerti mengenai penilaian dan penerapannya sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif c) memberikan reward pada siswa sehingga siswa lwbih berani menjawab pertanyaan guru tanpa ragu dan malu d) bimbingan secara merata pada setiap individu maupun kelompok sehingga diperoleh hasil yang maksimal. Hendaknya sekolah memberikan fasilitas dan mendukung guru sehingga proses pembelajaran semakin meningkat mutunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62728

Actions (login required)

View Item View Item