Ni'mah, Eni Arifatun (2014) Penerapan metode inkuiri terstruktur dengan media permainan puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SDN Bakalan Krajan I Kota Malang tahun ajaran 2013/2014 Eni Arifatun Ni'mah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ni mah Eni Arifatun. 2014. Penerapan Metode Inkuiri Terstruktur dengan Media Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVB SDN Bakalan Krajan I Kota Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Agr. Mohammad Amin S.Pd. M.Si. (II) Dr. Sentot Kusairi S.Pd. M.Si. Kata Kunci metode inkuiri terstruktur media permainan puzzle aktivitas hasil belajar IPA SD. IPA di SD merupakan mata pelajaran yang menekankan pengembangan kompetensi melalui pemberian pengalaman langsung menemukan dan berbuat sehingga keaktifan dan proses penemuan merupakan unsur utama. Salah satu metode pembelajaran IPA yang mendorong keaktifan siswa berorientasi proses dan menemukan sendiri melalui prosedur yang diberikan guru adalah metode inkuiri terstruktur. Penerapan inkuiri terstruktur diharapkan lebih efektif dengan alat bantu media permaian puzzle. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan metode inkuiri terstruktur dengan media permainan puzzle yang dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas IVB SDN Bakalan Krajan I (2) mendeskripsikan penerapan metode inkuiri terstruktur dengan media permainan puzzle yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SDN Bakalan Krajan I. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Bakalan Krajan I Kota Malang Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 38 siswa guru peneliti dan pengamat. Sumber data yaitu siswa dan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tiga alur yaitu reduksi data tampilan data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Prosedur penelitian terdiri dari siklus I dan II. Pelaksanaan siklus I dan II dilakukan pada bulan November sampai Desember 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri terstruktur dengan media permainan puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SDN Bakalan Krajan I. Hal ini terbukti dari data observasi aktivitas belajar siswa berupa aktivitas visual lisan mendengarkan menulis motorik mental dan emosional pada siklus I diperoleh skor rata-rata 50 5 (84%) dan pada siklus II meningkat menjadi 55 (91%). Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 84 3 dengan kriteria tuntas kualifikasi baik sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89 9 dengan kriteria tuntas kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebanyak 7 (11%) sedangkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebanyak 5 6%. Jadi penerapan metode inkuiri terstruktur dengan media permainan puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Kepada guru disarankan agar memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan aktivitas berfikir dan bekerja sendiri dalam KBM sehingga potensi siswa berkembang. Kepada peneliti lain tahapan/prosedur yang diberikan guru dan potongan gambar puzzle sebaiknya tidak rumit sehingga siswa tidak kesulitan untuk mencari dan menyusun suatu konsep yag diharapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62727 |
Actions (login required)
View Item |