Pengembangan perangkat pembelajaran IPA SD berbasis CTL dan inkuiri untuk siswa kelas V SDN Sukorambi 01 Kabupaten Jember / Deni Adi Putra

Putra, Deni Adi (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA SD berbasis CTL dan inkuiri untuk siswa kelas V SDN Sukorambi 01 Kabupaten Jember / Deni Adi Putra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra, Deni Adi. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SD Berbasis CTL dan Inkuiri untuk Siswa Kelas V SDN Sukorambi 01 Kabupaten Jember. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wartono, M.Pd. (II) Dr. Hadi Suwono, M.Si. Kata kunci: perangkat pembelajaran IPA, CTL, inkuiri     Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri (penemuan) dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam yang ada di sekitarnya. Pendekatan pembelajaran IPA tidak lagi terlalu berpusat pada pendidik (teacher centered) melainkan harus lebih berorientasi pada peserta didik (student centered). Tersedianya sebuah perangkat pembelajaran yang sesuai, sangat diperlukan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran IPA di Kelas V SDN Sukorambi 01 ditemukan permasalahan yang terjadi, yaitu ketidaksesuaian perangkat pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran terutama buku ajar dan RPP yang masih berasal dari pemerintah pusat. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang muncul akan ketersediaan perangkat pembelajaran adalah melalui pengembangan perangkat pembelajaran IPA SD. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan kolaborasi antara pendekatan CTL dan inkuiri, dimana kedua pendekatan ini saling mendukung satu sama lain dan dapat dikolaborasikan untuk mendukung perangkat pembelajaran IPA SD yang dikembangkan maupun mendukung pembelajaran IPA SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis CTL dan inkuiri yang valid, dapat diterapkan, dan efektif yang terdiri dari (1) modul siswa, (2) buku panduan guru, dan (3) RPP untuk kelas V semester 1.     Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan menjadi enam langkah yaitu studi pendahuluan, perencanaan, desain produk, validasi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Penelitian dilakukan di kelas V SDN Sukorambi 01 Kec. Sukorambi Kab. Jember dengan jumlah siswa 24 orang sebagai subjeknya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar validasi, angket, lembar observasi, dan lembar penilaian. Sumber data diperoleh dari para ahli, guru, siswa, dan observer.     Hasil penelitian menunjukkan (1) perolehan sebesar 77,08 % dari validasi ahli isi/materi terhadap modul siswa, 79,17 % dari validasi ahli isi/materi terhadap buku panduan guru, dan 75,00 % dari validasi ahli isi/materi terhadap RPP, (2) perolehan sebesar 73,08 % dari validasi ahli pendidikan terhadap modul siswa, 75,00 % dari validasi ahli pendidikan terhadap buku panduan guru, dan 85,29 % dari validasi ahli pendidikan terhadap RPP, (3) perolehan sebesar 87,50 % dari validasi guru kelas V terhadap modul siswa, 94,11 % dari validasi guru kelas V terhadap buku panduan guru, dan 90,00 % dari validasi guru kelas V terhadap RPP, (4) rata-rata perolehan skor pada ujicoba kelompok kecil memperoleh presentase 91,25 %, (5) secara garis besar tingkat keterterapan dan efektivitas produk perangkat pembelajaran memperoleh persentase 90,09 % dan 88,40 %.          Saran pemanfaatan perangkat pembelajaran IPA berbasis CTL dan inkuiri ini yaitu pada saat kurikulum 2013 sudah diterapkan, perangkat ini dapat digunakan secara terintegrasi dengan mata pelajaran yang lain khususnya modul untuk siswa sebagai sumber belajar pendukung. Saran diseminasi perangkat pembelajaran IPA berbasis CTL dan inkuiri yaitu penyesuaian dengan karakteristik siswa, lingkungan sekolah, serta sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah lain agar tujuan pembelajaran bisa dicapai secara optimal oleh siswa. Saran pengembangan produk lebih lanjut berupa 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat divariasikan tidak hanya berbentuk cetak, namun dapat diintegrasikan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi seperti multimedia interaktif, dan 2) perangkat pembelajaran IPA berbasis CTL dan inkuiri dapat dikaji lagi lebih lanjut berkaitan dengan penerapan pembelajaran berbasis tematik integratif agar dapat digunakan dalam pembelajaran dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62726

Actions (login required)

View Item View Item