Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar berorientasi pada pendekatan scientific / Fitroh Setyo Putro Pribowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar berorientasi pada pendekatan scientific / Fitroh Setyo Putro Pribowo

Pribowo, Fitroh Setyo Putro (2014) Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar berorientasi pada pendekatan scientific / Fitroh Setyo Putro Pribowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pribowo Fitroh Setyo Putro. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Sekitar Berorientasi Pada Pendekatan Scientific. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd. (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran IPA Lingkungan Sekitar Pendekatan scientific. 12288 12288 12288 12288 12288 Penggunaan media dalam pembelajaran sesuai dengan pendapat Dale yang terkenal dengan kerucut (cone of experience) bahwa pengalaman belajar seseorang 75% diperoleh melalui indera penglihatan (mata) 13% melalui indera pendengar (telinga) dan selebihnya melalui indera lain. Dengan kata lain materi yang bersifat konkrit dapat dijelaskan dengan bantuan media karena dapat membantu pesan atau materi yang disampaikan dengan kelebihannya menarik indera menarik minat siswa dan membantu dalam memahami materi. Hasil observasi di SDN 1 Paspan Banyuwangi dapat disimpulkan bahwa sekolah tersebut memiliki permasalahan kebutuhan media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk menuntun siswa menkonstruksi pengetahuan sehingga beberapa materi IPA yang bersifat abstrak dapat lebih konkrit. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar yang berorientasi pada pendekatan Scientific yang dilengkapi dengan LKPD dan petunjuk penggunaan bagi guru yang memenuhi unsur valid efektif praktis dan menarik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang dikembangkan oleh (riaser dan molenda) terdiri dari lima langkah utama . Secara garis besar langkah-langkah penelitian ini yaitu analyze design development implementation evaluation) 12288 12288 12288 12288 12288 Ujicoba produk terdiri atas ujicoba awal dan ujicoba terbatas. Hasil rata-rata kelayakkan dari validasi ahli dalam penelitian ini mencapai 87 5%. Hasil uji coba awal mencapai 71 5% untuk kepraktisan produk. Ujicoba terbatas dilakukan untuk mengetahui kepraktisan keefektifan dan kemenarikan produk yang berupa alat peraga IPA berbasis lingkungan sekitar yang dilengkapi LKPD dan buku panduan untuk guru. Hasil ujicoba terbatas pada kepraktisan produk mencapai 80 2%. Sedangkan untuk hasil ujicoba terbatas pada kemenarikan produk mencapai 81%. Untuk aspek keefektifan diperoleh dari hasil belajar dan hasil observasi keaktifan belajar siswa. Dari aspek hasil belajar mencapai mencapaai 82 6% sedangkan keaktifan belajar siswa mencapai 81 52%. Berdasarkan data diatas produk yang telah dikembangkan telah mencapai unsur valid efektif praktis dan menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62725

Actions (login required)

View Item View Item