Bantas, Maria Goretty Diciloam (2014) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menyelesaikan soal cerita matematika melalui model Think Pair Share di kelas IVB SDK Onekore 1 Ende T/A 2013/2014 / Maria Goretty Diciloam Bantas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bantas Maria Goretty Diciloam.2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Model Think Pair Share di Kelas IVB SDK Onekore I Ende T/A 2013/2014. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Kosentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd Kata Kunci think pair share aktivitas belajar hasil belajar Proses pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar merupakan rangkaian belajar siswa dalam bimbingan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan pemahaman yang baik terhadap mata pelajaran matematika khususnya pada penyelesaian soal cerita maka dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Sehingga digunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural model Think Pair Share dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang memberikan waktu kepada siswa untuk berpikir dan merespon serta saling membantu satu sama lain. Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus pada siklus I dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan pada siklus II dilakukan dengan dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini merupakan bentuk kolaborasi antara peneliti guru Ibu Agnes Onanggela S.Pd. dan peserta didik siswa Kelas IVB SDK Onekore I Ende. Data dikumpulkan dengan teknik observasi keterlaksanaan proses pembelajaran guru dan siswa juga dengan hasil tes akhir pada tiap siklus. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yaitu (1) Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru pada siklus I diperoleh 66.18% dan siklus II diperoleh 98.53% mengalami peningkatan 44.35%. (2) Hasil observasi keterlaksanaan proses pembelajaran oleh siswa pada siklus I diperoleh 66.67% dan siklus II diperoleh 90% mengalami peningkatan 35%. (3) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh 80% dengan 16 siswa dikatakan tuntas hasil belajarnya dan pada siklus II diperoleh 95% dengan 19 siswa dikatakan tuntas hasil belajarnya yang berarti mengalami peningkatan 17.84%. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah Guru dapat menerapkan lagi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi matematika yang sesuai sebagai variasi dari model pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran Bagi Peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran dalam proses pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran semakin berkualitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62724 |
Actions (login required)
View Item |