Pertila, Dwi Marselina (2014) Penerapan strategi pembelajaran think pair share untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sumbersari 2 Malang / Dwi Marselina Pertila. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pertila Dwi Marselina. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatan Motivasi Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Sumbersari 2 Malang. Tesis Progran Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata kunci Motivasi Aktivitas Hasil Belajar Strategi Think Pair Share Hasil pengamatan pembelajaran di kelas menunjukkan bahwa guru masih menggunakan pembelajaran konvesional yaitu pembelajaran dengan metode ceramah. Permasalahan yang dialami guru pada saat pembelajaran yaitu (1) motivasi belajar siswa rendah ditandai dengan adanya siswa yang terlihat mengantuk berbicara dan bermain dengan temannya (2) kurangnya aktivitas belajar siswa menyebabkan siswa menjadi pasif dikarenakan guru masih mendominasi pembelajaran dan (3) hasil belajar rendah hanya 8 (28 6%) siswa yang tuntas belajar dan 20 (71 4%) siswa mendapat nilai di bawah KKM yaitu 70. Maka diperlukan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) sehingga dapat meningkatkan motivasi aktivitas hasil belajar IPA. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Peneliti berperan sebagai partisipan penuh dengan bantuan tiga observer. Data dalam penelitian ini adalah motivasi belajar aktivitas belajar dan hasil belajar IPA. Sumber data utama adalah siswa kelas V SDN Sumbersari 2 Malang yang berjumlah 28 siswa yang dilaksanakan pada semester genap tahun 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara tes angket dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share sudah berjalan dengan baik pada siklus I memperoleh skor 87% dan meningkat pada siklus II mencapai 97%. Motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 78 dan siklus II mencapai skor 93 sehingga meningkatan sebesar 15%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 66 dan siklus II mencapai 84 sehingga meningkat sebesar18%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 73 dan siklus II mencapai 84. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan (1) strategi pembelajaran Think Pair Share memerlukan banyak waktu dalam pelaksanaannya sehingga menuntut guru agar lebih memperhatikan efesiensi dalam membagi waktu (2) guru harus lebih kreatif dalam menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share agar siswa terbiasa terlibat aktif (3) guru harus efektif dan sebaik mungkin dalam megkondisikan kelas (4) mengingat penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar maka disarankan agar guru menerapkan pembelajaran ini dalam melaksanakan pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62723 |
Actions (login required)
View Item |