Yusmita, Eries Norma (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA model pembelajaran berbasis masalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis yang berkarakter / Eries Norma Yusmita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yusmita Eries Norma. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk melatih Kemampuan Berpikir Kritis Yang Berkarakter . Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wartono M.Pd (2) Dr. Endang Suarsini M.S Kata kunci Perangkat Pembelajaran IPA Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kemampuan Berpikir Kritis Karakter. 12288 12288 12288 12288 Kemampuan berpikir bekerja dan bersikap ilmiah yang ditekankan dalam pembelajaran IPA membutuhkan upaya agar bisa memperoleh pencapaian yang maksimal sesuai dengan tujuan jenjang pendidikan. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam PBM kemampuan berpikir siswa dioptimalkan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas V SDN 3 Karangan Kabupaten Trenggalek ditemukan guru cenderung menggunakan buku paket dan LKS yang dibuat oleh orang lain. Buku paket IPA yang digunakan guru memiliki tingkat kemenarikan yang kurang dan hampir seluruh materi hanya didukung dengan satu atau dua gambar saja yang mewakili sebagai contoh padahal pada materi daur air siswa harus tahu tentang siklus air secara menyeluruh. Bahasan tentang KD daur air dan cara menghemat air hanya sekedar informasi tentang siklus air dan kegiatan yang mempengaruhi air secara tidak rinci dan kurang mengembangkan pengetahuan siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang diterapkan melalui model pembelajaran berbasis masalah yang berkarakter. Produk yang dihasilkan diukur berdasarkan tingkat kevalidan keterlaksanaan dan keefektifan. Penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan penelitian pengembangan didasarkan dan disesuaikan dengan langkah-langkah model PBM oleh Suprijono yaitu (1) fase oriestasi siswa kepada masalah (2) fase mengorganisasikan siswa untuk belajar (3) fase membimbing penyelidikan individu maupun kelompok (4) fase mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) fase menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 12288 12288 12288 12288 Ujicoba produk terdiri atas uji coba ahli dan uji coba terbatas. Hasil rata-rata validasi ahli terhadap komponen perangkat pembelajaran berupa silabus RPP dan buku siswa mencapai persentase sebesar 78 5% dengan kategori valid. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan dan keefektifan. Tingkat keterlaksanaan produk mencapai 86 8% dengan kategori sangat tinggi. Rata-rata tingkat keefektifan produk mencapai 82 2% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data di atas produk yang telah dikembangkan dapat dikatakan valid memiliki keterlaksanaan sangat tinggi dan memiliki keefektifan sangat baik. 12288 12288 12288 12288 Saran pemanfaatan perangkat pembelajaran dalam pembelajaran terletak pada perencanaan pembagian waktu di RPP dan saat pelaksanaan yang mengingat pelaksanaan model PBM lebih menekankan aktivitas penyelesaian masalah yang memerlukan banyak waktu. Perangkat pembelajaran dapat dikembangkan lebih lanjut pada materi pembelajaran yang berbeda dan penekanan penelitian pada konteks pendekatan saintifik di kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62722 |
Actions (login required)
View Item |