Pengembangan bahan ajar buku tematik berbantuan video pada tema mari kita bermain dan berolahraga untuk siswa kelas III SD / Septinaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar buku tematik berbantuan video pada tema mari kita bermain dan berolahraga untuk siswa kelas III SD / Septinaningrum

Septinaningrum (2014) Pengembangan bahan ajar buku tematik berbantuan video pada tema mari kita bermain dan berolahraga untuk siswa kelas III SD / Septinaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Septinaningrum. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Buku Tematik Berbantuan Video pada Tema Mari Kita Bermain dan Berolahraga untuk Siswa Kelas III SD. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci Buku Berbantuan Video Tematik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran Tematik di Kelas III SDN Sumbersari 1 Kota Malang ditemukan permasalahan yang terjadi yaitu ketidaksesuaian bahan ajar tematik yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Susunan materi dalam kegiatan pembelajaran belum konstruktivis dan saintifik yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Penggunaan media masih sangat minim yang berdampak pada menurunya minat belajar siswa. Solusi pemecahan masalah yang dilakukan yaitu dengan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik lingkungan disekitar siswa dan yang bisa meningkatkan minat belajar siswa. Buku ajar tematik berbantuan video pada tema Mari Kita Bermain dan Berolahraga penting dikembangkan untuk memberikan pembelajaran bermakna. Kegiatan belajar bersifat konstruktivis dan saintifik yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa kelas III SD melalui kegiatan-kegiatan berbentuk tugas yang mencakup proses mengamati menanya mencoba menalar dan mengkomunikasikan. Kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dinilai berdasarkan tingkat kevalidan kemenarikan keefektifan dan keterterapan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa buku ajar tematik berbantuan video dan buku panduan guru. Pengembangan buku ajar menggunakan model pengembangan Dick Carey Carey (2009). Langkah-langkah model pengembangan ini dilakukan sampai pada langkah ke 9 yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis siswa dan lingkungan (4) merumuskan tujuan khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi bahan pembelajaran. Langkah ke 10 ditiadakan kasesuai dengan tujuan penelitian dan pengembangan. Sedangkan Video pembelajaran menggunakan model pengebangan Lee Owens (2004). Langkah-langkahnya sebagai berikut (1) menilai dan menganalisis multimedia (2) mendesain multimedia (3) mengembangkan (4) mengimplementasikan multimedia (5) mengevaluasi multimedia. 12288 12288 12288 12288 Setelah prototype produk selesai dikembangkan selanjutnya dilakukan proses uji validasi ahli uji coba perorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut buku ajar tematik berbantuan video pada tema Mari Kita Bermain dan Berolahraga untuk siswa kelas III SD sangat valid menarik efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi dengan tingkat kelayakan produk dari ahli isi/materi sebesar 78 86% validasi ahli Media diperoleh skor rata - rata sebesar 90 54%. Tingkat kemenarikan produk dengan skor presentase rata-rata sebesar 91 39% masuk kriteria sangat menarik. Produk efektif digunakan dengan rata-rata skor presentase sebesar 91 6%. Keterterapan produk sangat baik dengan presentase skor rata-rata sebesar 90 54%. 12288 12288 12288 12288 12288 Produk bahan ajar buku tematik berbantuan video yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam implementasi Kurikulum 2013. Produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk kalangan lebih luas dengan penyesuaian terutama penyesuaian pada karakteristik siswa sebagai pengguna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62721

Actions (login required)

View Item View Item