Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi cahaya dan sifat-sifatnya dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas V SDN Roja 1 Ende tahun ajaran 2013/2014 / Ainun Jariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi cahaya dan sifat-sifatnya dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas V SDN Roja 1 Ende tahun ajaran 2013/2014 / Ainun Jariyah

Jariyah, Ainun (2014) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi cahaya dan sifat-sifatnya dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas V SDN Roja 1 Ende tahun ajaran 2013/2014 / Ainun Jariyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jariyah Ainun. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Roja 1 Ende. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (11) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci metode eksperimen aktivitas hasil belajar. 12288 12288 Penelitian ini dilakukan karena ditemukan masalah pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Roja 1 Ende yang menunjukkan aktivitas dan hasil beajar IPA yang sangat rendah. Hasil belajar yang rendah ini terbukti dari nilai ujian akhir semester ganjil tahun 2013/2014 dimana sebagian besar siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 60. Fakta tersebut didukung dengan hasil observasi awal dimana aktivitas pembelajaran masih didominasi oleh guru Penyampaian materi masih menggunakan metode konvensional pemanfaatan media belum dilakukan secara maksimal saat pembelajaran IPA banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru melainkan bersendau gurau dengan temannya sendiri. Siswa tidak diarahkan untuk membangun pengetahuan mereka sendiri melalui proses penemuan. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan metode eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan model dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan atau tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yaitu siklus I dan siklus II masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpualan data dalam penelitian ini diperoleh melalui cara observasi tes hasil belajar catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa analisis observasi aktivitas siswa dan analisis tes hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan aktivitas belajar pada siklus I sebesar 47 22 % dan meningkat menjadi 76 39% pada siklus II dengan peningkatan aktivitas belajar sebesar 61 77%. Adapun perolehan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 45 08% dengan hasil yang diperoleh siklus I sebesar 59% dan meningkat menjadi 85 6% pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan untuk menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62720

Actions (login required)

View Item View Item