Arafat, Siti (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V SD Inpres Ende 16 / Siti Arafat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Arafat Siti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SD Inpres Ende16. Tesis. Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr.Wahjoedi M.Pd M.E Pembimbing (II) Dr. Natsir B. Kotten M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share motivasi hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS matapelajaran PAI (b) meningkatkan motivasi belajar pada matapelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (c) meningkatkan hasil belajar siswa matapelajaran PAI melalui metode kooperatif tipe TPS. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SD Inpres Ende 16 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang yang beragama Islam. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes wawancara angket (kuesioner) dan catatan lapangan.Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diketahui bahwa motivasi hasil belajar siswa berjalan dengan baik hal ini terlihat dari elemen-elemen kooperatif yang dilaksanakan oleh siswa seperti saling ketergantungan positif dan saling membantu dalam kelompok dengan indikator siswa saling memberi saran antara siswa satu dengan yang lainnya. Dari segi akuntabilitas individu setiap siswa menunjukan peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan dari 78 57% pada siklus I menjadi 92 86%. pada siklus II. 12288 12288 12288 12288 Beberapa saran yang diajukan antara lain meliputi (a) guru sebelum memulai pelajaran hendaknya mengingatkan kembali materi-materi pelajaran sebelumnya melalui pertanyaan-pertanyaan (b) guru sebaiknya berperan aktif membantu siswa terutama dalam pengaturan tempat duduk memberi pengarahan kepada siswa untuk saling menghargai antar siswa agar tidak terjadi ketidak cocokan serta meminta siswa agar lebih giat dalam melakukan kajian pustaka (c) pemberian penghargaan kelompok (team rewards) secara bervariasi bukan hanya berupa hadiah (barang) tetapi bisa juga berupa sertifikat yang berguna bagi siswa terutama siswa atau kelompok yang tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62719 |
Actions (login required)
View Item |