Perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual dengan pembelajaran konvensional (studi pada siswa kelas V SDN Sidorejo 01 Blitar) / Rifi Astuti Widyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual dengan pembelajaran konvensional (studi pada siswa kelas V SDN Sidorejo 01 Blitar) / Rifi Astuti Widyaningrum

Widyaningrum, Rifi Astuti (2014) Perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual dengan pembelajaran konvensional (studi pada siswa kelas V SDN Sidorejo 01 Blitar) / Rifi Astuti Widyaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widyaningrum Rifi Astuti. 2014. Perbedaan Hasil Belajar IPS yang Menggunakan Numbered Heads Together Berbantuan Media Audiovisual dengan Pembelajaran Konvensional (Studi pada Siswa Kelas V SDN Sidorejo 01 Blitar). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (2) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M Kata Kunci Numbered Heads Together audiovisual hasil belajar IPS 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pendidikan sebagai salah satu faktor yang menentukan kemajuan suatu bangsa yang diimplementasikan melalui pembelajaran. Pembelajaran IPS di SDN Sidorejo 01 masih menggunakan pembelajaran konvensional tanpa inovasi. Inovasi dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Selain menggunakan model pembelajaran kemudahan belajar dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran audiovisual berupa CD Pembelajaran yang ada di SDN Sidorejo 01 belum dimanfaatkan secara nyata dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual dan konvensional (2) mendeskripsikan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual dan konvensional (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual dan konvensional (4) mengetahui respon siswa kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan media audiovisual. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu nonequivalent control group design. Sampelnya terdiri atas 28 siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB. Analisis datanya menggunakan uji non-parametrik Kolmogorov-Smirnov dengan bantuan SPSS 18 for windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian terhadap keterlaksanaan Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual dan pembelajaran konvensional sangat baik. Hasil uji non-parametrik Kolmogorov-Smirnov menyatakan ada perbedaan hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual dengan pembelajaran konvensional. Respon siswa pada kelas eksperimen berada pada klasifikasi sangat baik. Saran berdasarkan temuan penelitian ini guru sebaiknya merencanakan pembelajaran yang bervariasi salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together. Guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia serta menyajikan pembelajaran yang menarik sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa seperti penggunaan media audiovisual. Peneliti berikutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan media dan objek penelitian yang berbeda sehingga memberikan kontribusi pada peningkatan dunia pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62718

Actions (login required)

View Item View Item