Penerapan model pembelajaran berpasangan dengan menggunakan media koin bertanda untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IVA SDK Onekore 1 Kabupaten Ende T/A 2013/2014 / Yasinta Yenita Dhiki - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berpasangan dengan menggunakan media koin bertanda untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IVA SDK Onekore 1 Kabupaten Ende T/A 2013/2014 / Yasinta Yenita Dhiki

Dhiki, Yasinta Yenita (2014) Penerapan model pembelajaran berpasangan dengan menggunakan media koin bertanda untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IVA SDK Onekore 1 Kabupaten Ende T/A 2013/2014 / Yasinta Yenita Dhiki. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dhiki Yasinta. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berpasangan Dengan Menggunakan Media Koin Bertanda Untuk meningkatkan prestasi Belajar matematika . Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar kosentrasi Guru kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.Pd. M.E (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd Kata Kunci Model pembelajaran berpasangan prestasi belajar media koin bertanda Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran berpasangan bermedia koin bertanda dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IVA SDK Onekore 1 Ende. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran berpasangan dengan menggunakan media koin bertanda dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. (2) bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran berpasangan menggunakan media koin bertanda. (3) bagaimanakah respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran berpasangan dengan menggunakan media koin bertanda. Penelitian ini merupakam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research ). Subyek penelitian adalah peserta didik dan guru kelas IVA SDK Onekore 1 Ende. Sumber data penelitian ini adalah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berpasangan dengan menggunakan media koin bertanda respon peserta didik dan prestasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara tes observasi angket dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis observasi aktivitas guru dan peserta didik analisis angket respon peserta didik dan analisis tes hasil belajar. Proses penelitian dilaksanakan dua siklus tiga kali pertemuan dengan empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran berpasangan dengan menggunakan media koin bertanda dapat meningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV A dari nilai rata-rata tes awal yaitu 29 meningkat menjadi 90 pada ulangan akhir siklus I dengan peningkatan sebesar 67 78 % pada siklus II nilai ulangan akhir 96 31. Dari siklus I ke Siklus II peningakatan prestasi belajar peserta didik sebesar 6 55%. Penerapan model pembelajaran berpasangan dengan menggunakan media koin bertanda dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik. Persentase kegiatan guru pada siklus I sebesar 60 % berada dikategori Baik pada Siklus II menjadi 91 11% masih pada kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik pada Siklus I sebasar 67 77% berada di kategori Baiksedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87 78 berada pada kategori baik. Persentase respon peserta didik sebesar 94 74% sangat setuju 5 26% setuju.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62717

Actions (login required)

View Item View Item