Nono BS, Yohana (2014) Peningkatan kemampuan membaca dan menulis permulaan melalui pembelajaran jaring laba-laba pada peserta didik kelas IB SDI Onekore 5 Ende / Yohana Nano BS. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
BS Yohana Nono. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan melalui Pembelajaran Jaring Laba-Laba pada Peserta Didik Kelas Ib SDI Onekore Ende. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M. Pd. (II) Prof. Dr Stephanus Djawanai MA Kata Kunci Membaca menulis permulaan model jaring laba-laba Hasil pengamatan pada tahap awal sebelum penelitian pada peserta didik kelas IB SDI Onekore 5 Ende menunjukan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional di mana pembelajaran masih satu arah dimana guru lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran.guru juga masih mengalami kendala diantaranya (1) kemampuan membaca dan menulis masih rendah (2) hasil kemampuan membaca dan menulis masih rendah yang dapat dilihat dari hasil ujian semester gasal dimana 61 3% yakni 18 peserta didik mendapat nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 sedangkan 37 93% yakni 11 peserta didik yang mendapat nilai d atas KKM 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan pembelajaran jaring laba-laba untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan membaca dan menulis permulaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Peneliti sebagai partisipan penuh dengan dibantu oleh observer. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Onekore 5 Ende dengan subyek penelitian peserta didik kelas IB semester genap tahun 2013/1014 berjumlah 29 peserta didik terdiri dari 14 laki-laki dan 15 perempuan. Cara pengumpulan data penggunakan pengamatan ( observasi) wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian pembelajaran jaring laba-laba yakni (1) keterlasanaan model pembelajaran oleh guru termasuk kategori berhasil dan mengalami peningkatan dari siklus I dan II. (2) hasil observasi keterlaksanaan proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan oleh peserta didik termasuk kategori baik siklis I membaca 64 13% siklus I menulis 53 10 % siklus II menbaca 92 87% siklus II menulis 83 21% dari siklus I dan II mengalami peningkatan. (3) Hasil tes membaca dan menulis peserta didik jaga mengalami peningkatan dari siklus I 48 27% siklus II 100%. Saran yang diberikansebagai berikut Pertama pembelajaran jaring laba-laba dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaann serta mendapat apresepsi yang beser untuk peserta didik maka disarankan agar dapat dijadikan salah satu pilihan model dalam proses pembelajaran di kelas. Kedua pembelajaran jaring laba-laba dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik membutukan pengolahan kelas dan waktu yang baik sehingga waktu dalam pembelajaran lebih efektif karena model pembelajaran ini melibatkan peserta didik secara aktif. Ketiga guru harus kreatif dan inovatif dalam pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran jaring laba-laba agar siswa terbiasa terlibat aktif dalam pembelajaran dan tidak mudah menanam ketrampilan kepada peserta didik yang terbiasa pasif di kelas. Keempat pada saat pembelajaran guru harus menjelaskan secara rinci langkah langkah model pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran dan mengamati proses pembelajaran secara maksimal. Kelima penggunaan media pembelajaran juga harus diperhatikan agar disesuaikan dengan pelajaran yang akan diajarkan agar tidak mengurangi tujuan dan manfaat dari media itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62716 |
Actions (login required)
View Item |