Mete, Yuliana Yenita (2014) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis eksperimen siswa kelas V SD Inpres Onekore 5 Ende / Yuliana Yenita Mete. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mete Y. Yuliana. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Eksperimen Siswa Kelas V SD Inpres Onekore 5 Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) (Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci model Numbered Head Together (NHT) metode eksperimen aktivitas belajar hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi di kelas Vb SDI Onekore 5 Ende menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih banyak campur tangan dari guru dan kurang melibatkan siswa sehingga interaksi hanya berlangsung satu arah. Kondisi ini menyebabkan siswa cenderung pasif kurang antusias dan kurang inisiatif. siswa lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan dan keterampian yang siswa butuhkan sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang dicapai siswa. Pada penelitian ini peneliti memilih salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dikolaborasikan dengan metode eksperimen.Tujuan yang dicapai adalah (1) meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas 5 SDI Onekore 5 Ende (2) meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDI Onekore 5 Ende. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian berlangsung selama dua siklus dengan pokok bahasan Gaya. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5b SDI Onekore 5 Ende yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian berupa instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran. Instrumen pembelajaran meliputi silabus RPP dan LKS. Sedangkan instrumen pengukuran meliputi lembar observasi aktivitas belajar siswa instrumen tes hasil belajar. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dokumentasi dokumentasi. Teknik analisis data aktivitas belajar siswa mengacu pada teknik persentase dengan analisis tingkat keaktifan siswa sedangkan hasil belajar dianalisis mengacu pada nilai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa diketahui terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 88% sehingga hal ini mengalami peningkatan sebesar 26%. Pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 65% Pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 95%. Ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) bebasis eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas 5b SDI Onekore 5 Ende
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62715 |
Actions (login required)
View Item |