Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini / Epritha Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini / Epritha Kurniawati

Kurniawati, Epritha (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini / Epritha Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniawati Epritha. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd (2) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd Kata Kunci Pengembangan Multimedia pembelajaran Interaktif Membaca Permulaan. 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk mencerdaskan para anak bangsa agar dapat mencapai kehidupan yang maju melalui perwujudan suasana belajar yang kondusif aktivitas pembelajaran yang menarik dan mencerahkan serta proses pendidikan yang kreatif. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Kemampuan berbahasa lisan merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan di PAUD sebab bahasa adalah alat komunikasi. Pada usia 3-4 tahun sampai menjelang 12 tahun merupakan waktu yang tepat bagi anak untuk belajar membaca sebab pada masa tersebut anak sedang berada dalam masa golden age atau masa tumbuh kembang yang pesat. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada TK Dharma Wanita Betet Kediri diketahui bahwa proses pembelajaran yang diterapkan sehari-hari dilaksanakan dengan menggunakan papan tulis dan poster berisikan materi pelajaran. Saat belajar dengan media yang sudah biasa digunakan sehari-hari di TK anak sudah cukup aktif dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran namun perlu adanya inovasi media yang lebih menarik agar anak lebih tertarik dan lebih aktif saat belajar membaca sehingga proses pengembangan kemampuan membaca anak lebih optimal sebab proses pembelajaran yang hanya dilakukan dengan berbicara tanpa adanya visualisasi yang menarik bila diterapkan di TK dirasa sulit dimengerti bagi anak-anak sehingga dapat membuat pebelajar menjadi cepat jenuh dan bosan untuk itu peneliti berupaya mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia pembelajaran yang dikemas dalam bentuk Compact Disk (CD) sehingga dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif bagi anak dalam belajar membaca permulaan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran adalah menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif yang dapat memudahkan menarik dan memiliki validitas konstruk serta isi yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan anak usia dini yang dikemas dalam bentuk CD. 12288 12288 12288 12288 Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini adalah (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Intrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk dan lembar pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh 88 3% untuk hasil validasi ahli media 85% untuk hasil validasi ahli materi 87 5% untuk hasil validasi guru pengajar kelompok B (kemudahan dan kemenarikan saat digunakan di kelas) 80% untuk hasil uji coba kelompok kecil pada aspek kemudahan dan 92% pada aspek kemenarikan dan 91 3% untuk hasil uji coba kelompok besar baik aspek kemudahan maupun kmenarikan. Berdasarkan hasil tersebut multimedia pembelajaran digolongkan dalam kriteria layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62714

Actions (login required)

View Item View Item