Pengembangan bahan ajar berbantuan video untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V SD / Amalia Rohmatu Mafida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbantuan video untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V SD / Amalia Rohmatu Mafida

Mafida, Amalia Rohmatu (2014) Pengembangan bahan ajar berbantuan video untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V SD / Amalia Rohmatu Mafida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mafida Amalia Rohmatu. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Video untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar. Pembimbing (I) Prof. Dr. Agr. Mohamad Amin M.Si. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata Kunci bahan ajar berbantuan video IPA 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa yang berada pada tahap operasional konkret maka materi IPA SD juga harus konkret namun dalam materi IPA SD terdapat materi yang bersifat abstrak salah satunya adalah materi tentang organ tubuh manusia. Siswa akan sulit memahami materi tersebut jika tidak ada bahan ajar atau media pendukung untuk mengkonkritkannya. Sudah selayaknya untuk dikembangkan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan bahan ajar IPA berbantuan video untuk siswa Sekolah Dasar Kelas V yang valid praktis menarik dan efektif. Lokasi penelitian di SDN Sumberagung I Kec. Plosoklaten Kab. Kediri pada siswa kelas V untuk melakukan uji kepraktisan kemenarikan dan keefektivan. Sedangkan untuk uji kevalidan diberikan kepada ahli materi dan media. 12288 12288 12288 12288 12288 Pengembangan bahan ajar berbantuan video ini menggunakan model Dick Carey and Carey dan model ASSURE. Model Dick Carey and Carey digunakan untuk mengembangkan bahan ajar sedangkan model ASSURE untuk mengembangkan video pembelajaran yang digunakan di dalam bahan ajar. Langkah penelitian pengembangan Dick Carey and Carey yaitu 1) mengidentifikasi tujuan 2) melakukan analisis instruksional 3) analisis siswa dan lingkungan/ keadaan disekitar siswa 4) menuliskan tujuan pembelajaran 5) mengembangkan instrumen penilaian 6) mengembangkan strategi 7) mengembangkan dan memilih bahan 8) merancang dan mengembangkan evaluasi formatif 9) revisi. Pada tahap mengembangkan dan memilih bahan peneliti juga melakukan pengembangan media pembelajaran berupa video pembelajaran dengan menggunakan model ASSURE dengan tahapan yaitu 1) analyze learner 2) state objective 3) select methode media and material 4) utilize media and material 5) require learner participation 6) evaluate and revise. 12288 12288 12288 12288 12288 Produk awal yang telah disusun kemudian dilakukan uji validitas dan uji coba lapangan terbatas. Hasil dari uji validitas mencapai 3 98 dari 5 00 untuk ahli materi dan 4 05 dari 5 00 untuk ahli media. Uji coba lapangan terbatas dilakukan dengan memberikan angket kepraktisan kepada guru dan angket kepraktisan serta kemenarikan kepada siswa. Hasil rata-rata angket kepraktisan kepada guru dan siswa mencapai 4 19 dari 5 00 dan hasil angket kemenarikan siswa mencapai 4 18 dari 5 00. Hasil tes sumatif yang diberikan kepada siswa menunjukkan 33 siswa (82 5%) telah tuntas belajar dan 7 siswa (17 5%) tidak tuntas. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbantuan video valid praktis menarik dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62711

Actions (login required)

View Item View Item