Kekerasan verbal dalam proses pembelajaran di PAUD / Izzul Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kekerasan verbal dalam proses pembelajaran di PAUD / Izzul Fitriyah

Fitriyah, Izzul (2014) Kekerasan verbal dalam proses pembelajaran di PAUD / Izzul Fitriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriyah Izzul 2014. Kekerasan Verbal dalam Proses Pembelajaran di PAUD. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M. Pd. (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Keywords kekerasan verbal proses pembelajaran wujud kekerasan respon kekerasan PAUD 12288 12288 12288 12288 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. Peletak keberhasilan anak tergantung bagaimana lingkungan memberikan stimulasi sejak dini. Kajian tentang kekerasan dalam konteks pembelajaran telah banyak dilakukan akan tetapi tentang kekerasan verbal masih terbatas. Kekerasan verbal masuk dalam kategori kekerasan psikis dimana dampaknya lebih membahayakan jika dilakukan secara terus-menerus dibandingkan dengan kekerasan fisik. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian secara lebih mendalam tentang kekerasan verbal khususnya dalam konteks pembelajaran di PAUD. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud kekerasan verbal dan (2) menjelaskan responkekerasan verbal terhadap anak dalam pembelajaran di PAUD Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Dalam penelitian ini peneliti adalah sebagai instrument utama. Data penelitian ini berupa tuturan lisan guru dan anak yang merepresentasikan kekerasan verbal dalam konteks pembelajaran di PAUD Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Dalam pengumpulan data melalui obsevasi peneliti menggunakan kamera dan alat perekam suara pedoman wawancara dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini trianggulasi sumber data data teori konsultasi kepada pembimbing dan diskusi hasil penelitian diterapkan untuk mengecek keabsahan data. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kekerasan verbal dalam proses pembelajaran di PAUD Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Wujud kekerasan verbal yang ditemukan meliputi (1) penolakan (2) pemotongan (3) tuduhan (4) meremehkan dan merendahkan (5) penghakiman dan celaan (6) pemaksaan (7) pengancaman (8) ungkapan marah yang berlebihan. Respon kekerasan verbal di PAUD Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan (1) respon kekerasan verbal terhadap pembelajaran dan (2) respon kekerasan verbal terhadap anak dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian gaya interaksi antara guru dan anak bersifat vertikal yang didominasi oleh guru. Rata-rata dalam menjelaskan tema guru tanpa menggunakan media sehingga pembelajaran kurang menarik dan anak-anak tidak memperhatikan guru. Hal ini berakibat munculnya tuturan guru berwujud kekerasan verbal dan respon kekerasan verbal terhadap anak dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62710

Actions (login required)

View Item View Item