Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap keterampilan proses dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Dampit 02 Malang / Didit Yulian Kasdriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap keterampilan proses dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Dampit 02 Malang / Didit Yulian Kasdriyanto

Kasdriyanto, Didit Yulian (2014) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap keterampilan proses dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Dampit 02 Malang / Didit Yulian Kasdriyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kasdriyanto Didit Yulian. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Tehadap Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Dampit 02 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci pembelajaran berbasis masalah (PBM) keterampilan proses IPA prestasi belajar IPA 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada proses pembelajaran IPA di Kelas V SDN Dampit 02 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang ditemukan informasi pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centered) prestasi belajar siswa di kelas VA maupun VB masih rendah pembelajaran lebih dominan dilaksanakan menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh PBM terhadap Keterampilan Proses dan Prestasi belajar IPA siswa Kelas V SDN Dampit 02 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap keterampilan proses IPA dan apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap prestasi belajar IPA siswa SDN Dampit 02 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang 12288 12288 12288 Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan kelas perlakuan PBM sebagai kelas eksperimen dan kelas konvensional sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol di SDN Dampit 02 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data melalui lembar Observasi dan tes untuk Keterampilan Proses IPA dan tes untuk Prestasi Belajar IPA siswa instrumen berupa soal objektif untuk prestasi belajar IPA dan soal uraian untuk keterampilan proses IPA. Analisis penelitian menggunakan uji Anakova (Analisis Kovarian) yaitu pre tes sebagai kovariat. 12288 12288 12288 Perbedaan hasil observasi keterampilan proses IPA dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas PBM dari 7 3 menjadi 13 atau meningkat 5 7 sedangkan kelas konvensional perbedaan tidak terlalu signifikan melainkan turun yaitu dari nilai awal 8 12 menjadi 7 9 yaitu turun sebesar 0 22. Perbedaan hasil tes keterampilan proses IPA dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas PBM dari 58 menjadi 76 atau meningkat sebesar 18 sedangkan pada kelas konvensional perbedaan tidak terlalu signifikan yaitu dari nilai rata-rata 55 menjadi 66 atau meningkat sebesar 11. Perbedaaan prestasi belajar yang signifikan dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas yang menggunakan PBM dari 60 62 menjadi 87 69 atau meningkat sebesar 27 07 sedangkan pada kelas konvensional perbedaan tidak terlalu signifikan yaitu dari nilai rata-rata 53 76 menjadi 65 28 atau meningkat sebesar 11 52. 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut (1) Ada pengaruh PBM terhadap keterampilan proses IPA antara kelas yang menggunakan PBM dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Dampit 02 Malang (2) Ada pengaruh PBM terhadap prestasi belajar IPA antara kelas yang menggunakan PBM dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Dampit 02 Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62709

Actions (login required)

View Item View Item