Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi i8nkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar sistem indera manusia, fungsi, dan pemeliharaannya di SDN Jarak III Kecamatan Plosoklaten Kediri / Noviana Pravianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi i8nkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar sistem indera manusia, fungsi, dan pemeliharaannya di SDN Jarak III Kecamatan Plosoklaten Kediri / Noviana Pravianti

Pravianti, Noviana (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi i8nkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar sistem indera manusia, fungsi, dan pemeliharaannya di SDN Jarak III Kecamatan Plosoklaten Kediri / Noviana Pravianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pravianti Noviana 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Inkuiri terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Indera Manusia Fungsi dan Pemeliharaannya di SDN Jarak III Kecamatan Plosoklaten Kediri. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdul Ghofur M Si (II) Dr. Hadi Suwono M Si Kata Kunci perangkat pembelajaran IPA inkuiri terbimbing model 4D. Mutu pendidikan di Indonesia saat ini khususnya dalam bidang sains masih tergolong rendah Hal ini didasarkan pada hasil survey International Study Center The Third International Mathematics And Science Study (TIMSS) Progress in International lituacy Study (PIRLS) yang menyatakan bahwa prestasi sains di Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Indonesia pada tahun 2007 berada diurutan 35 dari 49 negara dan tahun 2011 turun empat tingkat di bawah Thailand yaitu berada pada urutan 39 dari 42 negara. Oleh karena itu pembaharuan pendidikan di Indonesia memang harus terus dilakukan. Tersedianya perangkat pembelajaran yang sesuai sebagai sumber belajar sangat diperlukan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga berimplikasi terhadap ketercapaian tujuan instruksional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berorientasi inkuiri terbimbing materi panca indera dan fungsinya yang valid praktis dan efektif 12288 12288 12288 12288 Model yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah model Thiagarajan yang lebih dikenal dengan model 4D terdiri dari (i) Define (pendefinisian) (ii) Design (perancangan) (iii) Develop (pengembangan) (iv) Disseminate (penyebaran). Pada penelitian dan pengembangan yang dilakukan tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan membutuhkan eksperimen lebih lanjut. Dari hasil uji validasi ahli pendidikan didapatkan hasil sebesar 83% dan 93% dari ahli materi. Hasil rata-rata tingkat kevalidan produk dari dua validator tersebut mencapai 88 %. Persentase tersebut menunjukkan bahwa produk ini berada pada kriteria sangat valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil respon siswa dari uji coba lapangan pada skala terbatas di dapatkan hasil 82% dengan kriteria sangat positif. Sedangkan kepraktisan dari penilaian ahli mendapatkan kriteria sangat tinggi sebesar 4 4. 12288 12288 12288 12288 Tahap akhir pengembangan dilakukan melalui proses pre eksperimental design pre test and post test group dengan kelompok kontrol pada kelas yang berbeda. Hasil uji coba lapangan untuk kepraktisan perangkat pembelajaran sebesar 4 4 dengan kriteria tinggi. Untuk keefektifan perangkat pembelajaran meliputi (i) hasil belajar siswa 8805 70 (ii) aktivitas siswa baik dan (iii) sangat positif untuk respon siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 80% terdapat 4 siswa yang tidak tuntas. Aktivitas siswa mencapai rata-rata 71 % dan memenuhi kategori baik. Respon siswa pada uji coba lapangan skala terbatas mencapai 82% dan memenuhi kategori sangat positif. Berdasarkan analisis pada tiga indikator keefektifan produk di atas dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran IPA berorientasi inkuiri terbimbing efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis uji anakova didapatkan hasil rata-rata nilai Postest siswa kelas eksperimen (77 56) lebih tinggi daripada rata-rata nilai Postest siswa kelas kontrol (71 58) dan hasil tersebut berbeda secara signifikan. Dari hasil uji anakova dapat dikatakan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat indera manusia fungsi dan pemeliharaannya. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi inkuiri terbimbing belum melakukan tahap desiminasi (penyebaran). Bila diperlukan penyebaran ke sekolah lain maka sebaiknya dilakukan revisi sesuai dengan karakteristik pengguna yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62708

Actions (login required)

View Item View Item