Pengembangan bahan ajar tematik sub tema Pengalaman Bermain untuk siswa kelas III SD / Diana Juniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar tematik sub tema Pengalaman Bermain untuk siswa kelas III SD / Diana Juniarti

Juniarti, Diana (2014) Pengembangan bahan ajar tematik sub tema Pengalaman Bermain untuk siswa kelas III SD / Diana Juniarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Juniarti Diana.2014. Pengembangan Bahan Ajar Sub Tema Pengalaman Bermain Untuk Siswa Kelas III SD. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.Sa dun Akbar M.Pd. (II) Prof.Dr. Punadji Setyosari M.Pd M.Ed Kata kunci Bahan Ajar Pembelajaran tematik Model Dick Carey Carey 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di kelas III SDN Watugede 01 Singosari Kabupaten Malang ditemukan permasalahan-permasalahan yang terjadi didalam proses pembelajaran tematik. Permasalahan yang paling dominan yaitu tentang kebutuhan bahan ajar tematik di kelas III hal itu berakibat pada proses pembelajaran yang tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum yang mengisyaratkan pembelajaran di kelas III SD penerapannya secara tematik. 12288 12288 12288 Pembelajaran masih belum memfasilitasi siswa yang masih berpandangan holistik. Pemecahan masalah yang dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar tematik yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik dan lingkungan siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa buku ajar tematik untuk memberi pembelajaran bermakna sesuai dengan pandangan anak yang masih memandang segala sesuatunya secara holistic. 12288 12288 12288 Model pengembangan buku ajar tematik ini menggunakan model pengembangan Dick Carey Carey (2009). Model Dick Carey and Carey adalah model desain Instruksional yang dikembangkan oleh Walter Dick Lou Carey dan James O Carey. Model ini suatu model prosedural yaitu model yang menyarankan agar penerapan prinsip desain instruksional disesuaikan dengan langkah-langkah yang harus di tempuh secara berurutan. Penelitian ini hanya menghasilkan prototype produk saja sesuai dengan tujuan penelitian dan pengembangan. 12288 12288 12288 Setelah pengembangan prototype produk langkah selanjutnya adalah proses uji coba validasi ahli uji coba perorangan uji coba lelompok kecil dan iji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba tersebut bahan ajar tematik pada sub tema pengalaman bermain ini sangat valid menarik efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi ahli menyatakan sangat valid dengan skor persentase rata-rata sebesar 84 37%. Tingkat kemenarikan produk dengan skor persentase rata-rata sebesar 94 55% masuk kriteria sangat menarik. Produk efektif digunakan dengan rata-rata skor persentase sebesar 89 1%. Keterterapan produk sangat baik dengan persentase skor rata-rata sebesar 91 92%. 12288 12288 12288 12288 12288 Produk bahan ajar tematik ini dapat digunakan secara maksimal jika guru mempelajari terlebih dahulu panduan untuk guru sebelum menggunakan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan sumber belajar lain yang relevan juga diperlukan guna memperkaya pengetahuan siswa selain itu ketepatan waktu sangat berpengaruh terhadap kelancaran kegiatan pembelajaran terutama pada kegiatan bermain karena pada usia ini anak-anak senang bermain sehingga mereka sering meminta tambahan waktu maka guru diharapkan mampu memotivasi siswa untuk tepat waktu.. Bahan ajar ini juga dapat dikembangkan pada produk yang sama bagian sub tema yang lain atau lebih luas lagi pada tema yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62707

Actions (login required)

View Item View Item