Pengembangan modul berbantuan komik pada tema Selalu Berhemat Energi untuk siswa kelas IV SDN Lowokwaru 2 Kota Malang / Yuli Amaliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbantuan komik pada tema Selalu Berhemat Energi untuk siswa kelas IV SDN Lowokwaru 2 Kota Malang / Yuli Amaliyah

Amaliyah, Yuli (2014) Pengembangan modul berbantuan komik pada tema Selalu Berhemat Energi untuk siswa kelas IV SDN Lowokwaru 2 Kota Malang / Yuli Amaliyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amaliyah Y. 2013. Pengembangan Modul Berbantuan Komik pada Tema Selalu Berhemat Energi untuk Siswa Kelas IV SDN Lowokwaru 2 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Imam Agus Basuki M.Pd. (II) Dr. Dr.Titik Harsiati M.Pd. Kata kunci Modul komik Model Dick Carrey Carrey 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran di Kelas IV SDN Lowokwaru 2 Kota Malang ditemukan permasalahan yang terjadi yaitu belum tercapainya secara optimal kompetensi yang diharapkan karena guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik dan lingkungan terdekat siswa. Pemecahan masalah yang dilakukan adalah dengan mengembangkan modul berbantuan komik yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik dan lingkungan disekitar siswa. Modul berbantuan komik penting dikembangkan untuk memberikan pembelajaran bermakna dan holistik serta disesuaikan dengan lingkungan sekitar siswa. Tujuan dari pengembangan modul pembelajaran ini yaitu menghasilkan suatu modul berbantuan komik yang valid mudah diterapkan efektif dan menarik untuk kelas IV SDN Lowokwaru 2 Kota Malang dengan memperhatikan karakteristik dan lingkungan terdekat dengan siswa. 12288 12288 12288 Pengembangan modul tematik ini menggunakan model pengembangan Dick Carrey Carrey (2009). Langkah-langkah model pengembangan ini dilakukan sampai pada langkah ke 9 yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran dan ketrampilan bawahan (3) menganalisis pebelajar dan lingkungan (4) merumuskan tujuan khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi bahan pembelajaran.Langkah ke 10 ditiadakan karena dalam penelitian ini hanya diperoleh hasil berupa prototype produk saja sesuai dengan tujuan penelitian dan pengembangan. 12288 12288 12288 Setelah prototype produk selesai dikembangkan selanjutnya dilakukan proses uji validasi ahli uji coba perorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut bahan ajar berupa modul tematik sangat valid menarik efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi dengan tingkat kelayakan produk dari ahli isi/materi sebesar 79% dan validasi ahli desain diperoleh skor rata - rata sebesar 79 5%. Tingkat kemenarikan produk dengan skor presentase rata-rata sebesar 90 6% masuk kriteria sangat menarik. Produk efektif digunakan dengan rata-rata skor presentase sebesar 86 5%. Dan keterterapan produk sangat baik dengan presentase skor rata-rata sebesar 90 3%. 12288 12288 12288 12288 12288 Produk modul berbantuan komik yang telah dikembangkan modul berbantuan komik pada tema selalu berhemat energi mampu memecahkan permasalahan penggunaan bahan ajar yang digunakan guru dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD. Modul pembelajaran ini dapat mengisi ketersediaan dan keragaman sumber belajar tematik pada kurikulum 2013 khususnya pada tema selalu berhemat energi dengan sub tema gaya dan gerak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dan siswa. Produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk kalangan lebih luas dengan penyesuaian terutama penyesuaian pada karakteristik siswa sebagai pengguna. Lebih lanjut bahan ajar ini dapat dikembangkan untuk produk yang sama untuk tema yang lain serta bahan ajar yang sudah dikembangkan dapat diintegrasikan dengan dalam bentuk multimedia dalam menunjang implementasi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62706

Actions (login required)

View Item View Item