Jufrihadi (2014) Penerapan strategi pembelajaran kelompok berbantuan tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Besuk Kabupaten Probolinggo / Jufrihadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jufrihadi S.Pd. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Kelompok Berbantuan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII D SMP Negeri I Besuk Kabupaten Probolinggo.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S. (II) Dr. Endang Budiasih M.S. Kata-kata kunci pembelajaran kelompok tutor sebaya keterampilan proses IPA hasil belajar kognitif IPA. Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas VII D SMPN 1 Besuk terdapat permasalahan yang dihadapi saat ini yaitu rendahnya keterampilan proses siswa. Peneliti menemukan fakta bahwa siswa melakukan kesalahan ketika proses mengukur. Fakta ini diperkuat dengan hasil angket yang menunjukkan bahwa di kelas ini jarang sekali praktikum. Selain hal tersebut masalah lain di kelas ini yaitu rendahnya hasil belajar kognitifnya yaitu rata-rata klasikalnya 51 dan ketuntasan klasikalnya 36 67%. Metode yang selama ini diterapkan guru adalah ceramah dengan strategi pembelajaran kelompok. Tujuan penelitian ini adalah membantu memecahkan masalah tersebut dengan cara menerapkan strategi pembelajaran kelompok berbantuan tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dari bulan September sampai Oktober 2013. Masing-masing siklus terdiri atas 3 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan dan observasi (3) evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses IPA dan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I keterampilan proses IPA mencapai rata-rata 75 dan meningkat menjadi 83 pada siklus II. Hal ini didukung oleh perbaikan kinerja tutor yang pada siklus I mencapai 74 79 meningkat menjadi 84 58 pada siklus II. Rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus I mencapai 62 dan ketuntasan kasikal 46 67% meningkat pada siklus II menjadi 71 dan ketuntasan klasikalnya 76 67%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kelompok berbantuan tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan proses IPA dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII D SMP Negeri I Besuk Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif IPA siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kelompok berbantuan tutor sebaya dan sebagai tambahan informasi yang bermanfaat untuk perbaikan kualitas proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62705 |
Actions (login required)
View Item |