Penerapan pendekatan Beyond Center and Circle Time untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui bermain bilangan (studi pada anak PAUD terpadu Widyamandala Bondowoso) / Misyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan Beyond Center and Circle Time untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui bermain bilangan (studi pada anak PAUD terpadu Widyamandala Bondowoso) / Misyana

Misyana (2014) Penerapan pendekatan Beyond Center and Circle Time untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui bermain bilangan (studi pada anak PAUD terpadu Widyamandala Bondowoso) / Misyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Misyana. 2014. Penerapan Pendekatan Beyond Center And Circle Time Untuk Mengembangkan Kemapuan Kognitif Anak Melalui Bermain Bilangan. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imanuel Hitipeuw M A (II) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd Kata kunci pendekatan BCCT kemampuan kognitif bermain bilangan 12288 12288 12288 12288 Kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek penting yang harus dikembangkan pada diri anak sejak dini karena akan bermanfaat untuk kehidupan mereka kelak dikemudian hari. Pembelajaran anak usia dini lebih mementingkan proses daripada hasil proses belajar anak usia melalui bermain dengan kegiatan pembelajaran berpusat kepada anak. Dari hasil wawancara dan observasi awal di PAUD Terpadu Widyamandala Bondowoso diketahui bahwa proses pembelajaran dalam pengenalan bilangan masih berpusat pada guru sehingga anak kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran yang demikian menyebabkan kemampuan kognitif mengenal bilangan menjadi sangat rendah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan kemampuan kognitif anak adalah pendekatan BCCT/Sentra. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif dengan penerapan pendekatan BCCT melalui bermain bilangan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakaan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan pengamatan/observasi dan (3) refleksi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kelompok A PAUD Terpadu Widyamandala Bondowoso dengan jumlah 26 anak yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Data penelitian ini terdiri dari data proses penerapan BCCT dan data kemampuan kognitif anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan wawancara. Penerapan pendekatan BCCT dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Penerapan pendekatan BCCT telah dilaksanakan dengan rata-rata persentase penerapan sebesar 81 31% pada siklus I dan 93 49% pada siklus II. Persentase penerapannya diambil dari hasil observasi terhadap penerapan proses pembelajaran sesuai dengan tahapan-tahapan pendekatan BCCT keefektifan penerapan pendekatan BCCT mengalami peningkatan yang signifikan. Kemampuan kognitif anak berkembang dengan pendekatan BCCT terlihat pada kemampuan kognitif anak pada siklus I mencapai 71 74% kemampuan kognitif siklus II 93 76% mengalami peningkatan 22 02% 12288 12288 12288 12288 12288 Disarankan kepada Guru PAUD agar memilih pendekatan BCCT sebagai salah satu pendekatan proses pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak mengenal bilangan dikarenakan penerapan pendekatan BCCT tercipta suasana yang menyenangkan media mudah didapatkan dilingkungan sekolah dan kegiatan pembelajaran berpusat pada anak. Anak dapat memilih kegiatan bermain sesuai yang diinginkan tanpa keterpaksaan. Disarankan pula untuk peneliti selanjutnya memanfaatkan penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk merancang penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62704

Actions (login required)

View Item View Item