Hartoyo, Muhamad Eko (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe connected berbasis inkuiri terbimbing / Muhamad Eko Hartoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Muhamad Eko Hartoyo. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Inkuiri Terbimbing. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Prof. Dr. Agr. H. Muhammad Amin S.Pd. M.Si. Kata kunci perangkat pembelajaran IPA Terpadu inkuiri terbimbing 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran IPA Terpadu melalui kegiatan-kegiatan ilmiah telah dianjurkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Penggunaan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA Terpadu sesuai dengan hakekat IPA dan dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki tahapan pembelajaran yang sejalan dengan keterampilan proses IPA yang memungkinkan siswa membangun sendiri konsep secara utuh dan menyeluruh (konstruktivis) melalui kegiatan-kegiatan penyelidikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected berbasis inkuiri terbimbing bertema fotosintesis yang layak digunakan dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap pengembangan perangkat tahap validasi perangkat dan tahap implementasi perangkat. Pengembangan perangkat menggunakan model 4P (Pendefinisian Perancangan Pengembangan dan Penyebaran) validasi dilakukan oleh validator ahli dan guru profesional menggunakan lembar validasi dan implementasi dilakukan pada uji coba perangkat pembelajaran menggunakan desain one group pretest-posttest design. Data yang dikumpulkan berupa kelayakan substansi perangkat pembelajaran keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa. Data kualitas keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa berketerampilan proses IPA dikumpulkan melalui lembar observasi sedangkan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui pemberian Tes Penguasaan Konsep IPA dan Tes Keterampilan Proses IPA. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa silabus materi ajar lembar kegiatan siswa rencana pelaksanaan pembelajaran Tes Penguasaan Konsep IPA dan Tes Keterampilan Proses IPA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran secara substansi layak digunakan dengan skor 4 4 (baik) rerata validitas 86 93% (sangat baik) dan rerata reliabilitas 0 84 (sangat reliabel). Keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran 100% dengan rerata kualitas keterlaksanaan berdasarkan aktivitas guru sebesar 3 4 (baik) dan berdasarkan aktivitas siswa sebesar 2 9 (baik). Rerata kualitas aktivitas siswa berketerampilan proses IPA sebesar 2 7 (cukup baik). Rerata hasil pretest terhadap Tes Penguasan Konsep IPA sebesar 51 8 dan rerata skor posttestnya sebesar 72 4. Rerata hasil pretest terhadap Tes Keterampilan Proses IPA sebesar 48 8 dan rerata skor posttestnya sebesar 64 1. Kendala-kendala yang ditemui dalam uji coba perangkat pembelajaran ini adalah kurang maksimalnya pengelolaan waktu belum terbiasanya guru dan siswa menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing siswa cenderung pasif rendahnya keterampilan siswa mengoperasikan alat dan keterbatasan alat/sarana yang diperlukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62701 |
Actions (login required)
View Item |