Penerapan pembelajaran model Make A Match dengan contoh untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi materi pengaruh kepadatan populasi manusia pada siswa kelas VII-2 SMPN 1 Nganjuk tahun pelajaran 2009-2010 / Eko Subur Wardoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model Make A Match dengan contoh untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi materi pengaruh kepadatan populasi manusia pada siswa kelas VII-2 SMPN 1 Nganjuk tahun pelajaran 2009-2010 / Eko Subur Wardoyo

Wardoyo, Eko Subur (2014) Penerapan pembelajaran model Make A Match dengan contoh untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi materi pengaruh kepadatan populasi manusia pada siswa kelas VII-2 SMPN 1 Nganjuk tahun pelajaran 2009-2010 / Eko Subur Wardoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eko Subur Wardoyo 2010. Penerapan Pembelajaran Model Make A Match dengan Contoh untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia pada Siswa Kelas VII-2 SMPN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2009/2010. Kata kunci Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Model Make A Match dengan Contoh 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 5 April 2010 di SMP Negeri 1 Nganjuk diketahui bahwa siswa kurang memiliki motivasi pada proses pembelajaran penyebab utama dari hal ini dikarenakan guru masih cenderung menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Alasan penggunaan metode konvensional adalah kekhawatiran tidak tercapainya target kurikulum. Dapat dikatakan proses pembelajaran yang terjadi di SMPN 1 Nganjuk masih berpusat pada guru atau (teacher centered) siswa masih sedikit mendapat kesempatan bekerjasama dalam tugas kelompok. Permasalahan ini menyebabkan rendahnya aktivitas siswa yang juga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Disepakati pula oleh guru untuk menggunakan pembelajaran Model Make A Match dengan Contoh agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Bagaimana penerapan Pembelajaran Model Make A Match dengan Contoh dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Nganjuk dalam mempelajari biologi materi pengaruh kepadatan populasi manusia (2) Bagaimana penerapan Pembelajaran Model Make A Match dengan Contoh dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Nganjuk dalam mempelajari biologi materi pengaruh kepadatan populasi manusia 12288 12288 12288 Hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah (1). Melalui pelajaran biologi materi pengaruh kepadatan populasi manusia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII-2 SMPN 1 Nganjuk tahun pelajaran 2009/2010.(2) Melalui penerapan Pembelajaran Model Make A Match dengan Contoh pada mata pelajaran biologi materi pengaruh kepadatan populasi manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-2 SMPN 1 Nganjuk tahun pelajaran 2009/2010 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMPN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil observasi kegiatan pembelajaran dan tes formatif. 12288 12288 12288 Dari hasil analisis setelah dilakukan tindakan didapatkan bahwa rata-rata persentase motivasi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 76 3 ke 88 81. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 72 16 ke 85 83. Pada siklus II kelas dalam keadaan tuntas. 12288 12288 12288 Simpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Model Make A Match dengan Contoh dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia pada Siswa Kelas VII-2 SMPN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2009/2010 sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62700

Actions (login required)

View Item View Item