Pengembangan augmented reality video kartun pada modul pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Wahid Hasyim 2 Malang / Agus Arifin Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan augmented reality video kartun pada modul pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Wahid Hasyim 2 Malang / Agus Arifin Wijaya

Wijaya, Agus Arifin (2016) Pengembangan augmented reality video kartun pada modul pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Wahid Hasyim 2 Malang / Agus Arifin Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijaya Agus Arifin. 2016. Pengembangan Augmented Reality Video Kartun Pada Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTs Wahid Hasyim 2 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata kunci Augmented Reality Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembelajaran sejarah di MTs Wahid Hasyim 2 Malang menggunakan pembelajaran klasikal (guru menggunakan metode ceramah) dan pembelajaran mandiri (siswa belajar sendiri menggunakan sumber belajar yang ada seperti modul pembelajaran). Modul pembelajaran sendiri terdapat banyak konsep abstrak yang menyulitkan siswa dan hanya tertera uraian penjelasan materi dalam bentuk teks sedangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran sejarah dalam membentuk karakter/watak siswa tidak dapat dilakukan hanya dengan sebatas modul pembelajaran yang terdapat banyak konsep abstrak.Untuk itu diperlukan suatu tambahan (suplemen) pembelajaran guna untuk melengkapi kebutuhan siswa akan contoh pembentukan karakter/watak seorang anak dalam kehidupan sehari hari dari materi pahlawan Indonesia. Salah satu tambahan yang dapat digunakan adalah video kartun pembelajarandenganmenggunakanteknologiAugmented Reality. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan suplemen pembelajaran pada modul berupa video kartun berteknologi Augmented Realityyang valid dan efektif dalam membentuk karakter/watak siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Wahid Hasyim 2 Malang. PengembanganinimenggunakanmetodepengembanganSadimanuntukmengembangkanAugmented Reality Video Kartun. Adapunlangkah-langkahtersebutmeliputi (1) Analisakebutuhandankarakteristiksiswa (2) Perumusantujuan (3) Pengembanganmateri (4) Perumusanalatpengukurkeberhasilan (5) Penulisannaskah (6) Produksi (7) Tes/ujicoba (8) Revisi. Hasil pengembangan suplemen video kartun berteknologi Augmented Reality ini memenuhi kriteria valid yakni dengan ditunjukkandari hasilperhitungan data 1 orang ahli media 98% 1 orang ahlimateri 100% 3 orang uji coba perseorangan 90% uji coba kelompok kecil 93 67%dan 20 orang ujicobalapangan96 33%. Suplemenpadamodulinidinyatakanefektif halinidapatdianalisisdandiinterpretasikandari 28 siswa yang mengikutiteshasilbelajar keseluruhansiswamengalamiketuntasanbelajarataumemenuhi KKM ( 8805 70) setelahmenggunakanaplikasi Augmented Reality Video Kartunpadamodulilmupengetahuansosial. Dengandemikiandapatdijelaskanbahwakeseluruhansiswa yang berjumlah 28 siswa 100% mengalamiketuntasanbelajarsetelahmenggunakanaplikasiAugmented Reality Video Kartunpadamodulilmupengetahuansosial. Saran yang diajukan kepada guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial adalah hendaknya guru menyiapkan alat alat pendukung seperti headset sebagai alat bantu dalam mendengarkan audio. Bagipengembangberikutnya produk yang dihasilkan hendaknya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik pebelajar serta materi yang dibahas lebih dispesifikkan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item