Pengembangan media video pembelajaran IPS untuk siswa kelas IV SDN Blimbing V Kota Malang / Roby Zulkarnain Noer - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran IPS untuk siswa kelas IV SDN Blimbing V Kota Malang / Roby Zulkarnain Noer

Noer, Roby Zulkarnain (2014) Pengembangan media video pembelajaran IPS untuk siswa kelas IV SDN Blimbing V Kota Malang / Roby Zulkarnain Noer. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Noer Roby Zulkarnain. 2014. Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas IV SDN Blimbing V Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Prof. Dr. Ruminiati M.Si Kata kunci Media Video Pembelajaran dan Pembelajaran IPS Benda-benda bersejarah yang ada di lingkungan setempat merupakan salah satu materi IPS SD yang mencakup materi memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten kota dan propinsi. Dalam membelajarkan materi ini guru sering mengalami kendala dalam memberikan pemahaman dan gambaran nyata pada siswa tentang benda-benda bersejarah di lingkungan setempat sehingga guru sering membelajarkan dengan ceramah dan memberikan contoh gambar yang ada dalam buku teks. Permasalahan tersebut harus segera dicari alternatif pemecahan masalah salah satunya adalah melalui pengembangan media video pembelajaran. Media video pembelajaran dapat memberikan gambaran nyata tentang materi yang dipelajari melalui tayangan video yang disaikan. Pada penelitian pengembangan ini produk yang dikembangkan adalah media video pembelajaran Peninggalan Sejarah Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan (1) produk berupa media video peninggalan sejarah Kota Malang (2) petunjuk penggunaan media video pembelajaran peninggalan sejarah Kota Malang dan (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ASSURE yang dimodifikasi oleh peneliti. Secara garis besar langkah-langkah penelitian ini yaitu (1) Analyse Learners (2) State Standards Objectives (3) Select Strategies Technologi (4) Media and Material (5) Utilize Technology Media and Materials (6) require Learner Participation Evaluate and Revise. Pada Analyse Learners dilakukan meengidentifikasi karakteristik siswa observasi lapangan dan studi pustaka. Pada tahap State Stan-dards Objectives dilakukan analisis struktur isi (SK KD Indikator dan Tujuan Pembelajaran). Pada tahap Select Strategies Technology memilih strategi teknologi media dan bahan ajar yang sudah ada. Pada tahap Utilize Technology Media and Materials adalah menggunakan teknologi media dan bahan ajar yang sudah dikembangkan. Pada tahap require Learner Participation Evaluate and Revise adalah melibatkan partisipasi siswa desain produk dilakukan penyusunan produk dan petunjuk penggunaan produk. Pada tahap akhir yaitu Require Learner Participation Evaluate and Revise adalah mengevaluasi dan merevisi pembelajaran diruang kelas untuk memperoleh gambaran tentang kualitas sebuah program pembelajaran. Ujicoba produk terdiri atas uji coba kelayakan oleh ahli media dan ahli materi/isi ujicoba sasaran pengguna produk. Hasil rata-rata dari ujicoba kelayakan oleh ahli media dan ahli materi/isi mencapai persentase 84 5% dengan kriteria valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil uji coba yang dilakukan untuk mengetahui kemenarikan mencapai 86 8%. Hasil uji coba keefektifan mencapai 79 6% untuk aspek aktivitas afektif siswa dan 83 7% untuk aspek keefektifan hasil belajar dengan kriteria sangat efektif aspek keterterapan media mencapai persentase 90% dengan kriteria sangat baik dan aspek kemenarikan mencapai persentase 86 8% dengan kriteria menarik. Berdasarkan data di atas produk media video pembelajaran peninggalan sejarah kota Malang yang telah dikembangkan dapat dikatakan sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Blimbing V Kota Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62699

Actions (login required)

View Item View Item