Penerapan model sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas VI B SD Negeri Cijoho Kec. Kuningan Kab. Kuningan tahun ajaran 2013/2014 / Rohadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas VI B SD Negeri Cijoho Kec. Kuningan Kab. Kuningan tahun ajaran 2013/2014 / Rohadi

Rohadi (2014) Penerapan model sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas VI B SD Negeri Cijoho Kec. Kuningan Kab. Kuningan tahun ajaran 2013/2014 / Rohadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rohadi. 2014. Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Aktivitas Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI B SD Negeri Cijoho Kec. Kuningan Kab. Kuningan Tahun Ajaran 2013/2014.Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si Kata kunci Aktivitas motivasi prestasi belajar Sains Teknologi Masyarakat Aktivitas dan motivasi belajar siswa merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Tanpa adanya aktivitas dan motivasi belajar siswa maka tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan baik dan berimplikasi pada rendahnya prestasi belajar. Oleh karena itu untuk meningkatkan aktivitas motivasi dan prestasi belajar diperlukan model pembelajaran yang tepat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran IPA materi konsep perubahan benda di kelas VI B SD Negeri Cijoho melalui model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat 2) meningkatkan aktivitas siswa kelas VI B SD Negeri Cijoho pada pembelajaran IPA materi konsep perubahan benda melalui model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat 3) meningkatkan motivasi siswa kelas VI B SD Negeri Cijoho pada pembelajaran IPA materi konsep perubahan benda melalui model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat 4) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI B SD Negeri Cijoho pada pembelajaran IPA materi konsep perubahan benda melalui model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis Taggart dilaksanakan dalam 2 siklus mencakup kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan aktivitas motivasi dan prestasi belajar IPA. Melalui model Sains Teknologi Masyarakat siswa membangun sendiri pengetahuan menemukan langkah-langkah dalam mencari penyelesaian dari suatu materi yang harus dikuasai oleh siswa secara individu maupun kelompok. Siswa memiliki sikap kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat. Pada siklus I aktivitas siswa 50 54% dengan kriteria kurang aktif meningkat pada siklus II 70 69% dengan kriteria aktif. Pada siklus I motivasi belajar 56 31% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II 72 21% dengan kriteria baik. Pada siklus I prestasi belajar ketuntasan belajar secara klasikal 68% atau 21 orang siswa mencapai KKM. Prestasi belajar pada siklus II meningkat mencapai 81% atau ada 25 orang siswa mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam merancang sebuah ide teknologi sederhana yang dihasilkan siswa perlu disusun lembar kerja siswa secara sistematis tentang konsep dan urutan kerja kegiatan ekplorasi di luar kelas lebih diutamakan guna memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Penggunaan sarana pembelajaran berbasis IT dan pengetahuan teknologi dasar perlu diajarkan sebelum penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62698

Actions (login required)

View Item View Item