Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan bertanya dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Prabumulih / Mulyansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan bertanya dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Prabumulih / Mulyansyah

Mulyansyah (2014) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan bertanya dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Prabumulih / Mulyansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mulyansyah 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Bertanya dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas VIII SMPN 8 Prabumulih. Tesis Program Studi Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Arif Hidayat M.Si. Ph.D. (II) Dr. Muhardjito M.S Kata kunci Inkuiri terbimbing kemampuan bertanya hasil belajar kognitif. Ada banyak faktor yang membuat proses pembelajaran menjadi tidak efektif. Di antaranya disebabkan oleh metode belajar dan lingkungan sekitar kurang mendukung sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang aktif di antaranya adalah pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan bertanya dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Prabumulih. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 8 Prabumulih Sumatera Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pemilihan sampel dengan cara simple random sampling sehingga diperoleh satu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dan satu kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kemampuan bertanya siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi dan hasil belajar kognitif siswa diukur dengan instrumen tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan bertanya siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional (2) hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru memilih pembelajaran inkuiri terbimbing dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran IPA dan disarankan pula untuk melakukan penelitian serupa pada materi yang berbeda. Hal ini untuk melihat keefektifan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk materi tertentu atau semua materi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62695

Actions (login required)

View Item View Item