Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan science reflective journal writing terhadap pengua-saan konsep IPA siswa kelas VII SMP negeri 2 Pakis yang mempunyai kemampuan awal berbeda / Didik Sudarmaji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan science reflective journal writing terhadap pengua-saan konsep IPA siswa kelas VII SMP negeri 2 Pakis yang mempunyai kemampuan awal berbeda / Didik Sudarmaji

Sudarmaji, Didik (2014) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan science reflective journal writing terhadap pengua-saan konsep IPA siswa kelas VII SMP negeri 2 Pakis yang mempunyai kemampuan awal berbeda / Didik Sudarmaji. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sudarmaji Didik. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Science Reflective Journal Writing terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pakis yang Mempunyai Kemampuan Awal Berbeda. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata kunci inkuiri terbimbing jurnal belajar pembelajaran IPA SMP. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran IPA yang tidak melibatkan siswa secara aktif menyebabkan penguasaan konsep IPA siswa rendah. Perlu upaya peningkatan kualitas pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan science reflective journal writing terhadap penguasaan konsep IPA siswa SMP yang mempunyai kemampuan awal berbeda 12288 12288 12288 12288 Penelitian quasi exsperiment ini menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakis Kabupaten Malang. Sampel yang digunakan berasal dari populasi yang diambil secara cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal pretest dan posttest. Instrumen tes divalidasi oleh tim ahli pendidikan dan substansi materi. Setelah melalui uji validitas reliabilitas uji beda dan taraf kesukaran soal didapatkan 5 butir soal tidak valid dan 40 butir soal dinyatakan valid. Tes kemampuan awal dan tes penguasaan konsep IPA terdiri dari 40 butir soal tes objektif multiple choise. Data hasil tes dianalisis menggunakan statistik deskriptif statistik parametrik anava dua jalur dan uji Tukey HSD. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa yang dibelajarkan inkuiri terbimbing dengan science reflective journal writing dan siswa yang dibelajarkan inkuiri terbimbing tanpa science reflective journal writing (2) terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa berkemampuan awal tinggi yang dibelajarkan inkuiri terbimbing dengan science reflective journal writing dan siswa berkemampuan awal tinggi yang dibelajar inkuiri terbimbing tanpa science reflective journal writing (3) tidak terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa berkemampuan awal rendah yang dibelajarkan inkuiri terbimbing dengan science reflective journal writing dan siswa berkemampuan awal rendah yang dibelajarkan inkuiri terbimbing tanpa science reflective journal writing (4) terdapat dampak gabungan antara kemampuan awal siswa dan strategi pembelajaran terhadap penguasaan konsep IPA. 12288 12288 12288 12288 Saran bagi guru sebelum dilaksanakan strategi SRJ pada materi tertentu sebaiknya siswa dilatih menulis jurnal refleksi pembelajaran pada materi yang mendahuluinya. Bagi peneliti lain penelitian tentang pembelajaran inkuiri terbimbing dengan SRJ dapat dilanjutkan pada matapelajaran IPA untuk kompetensi dasar lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62693

Actions (login required)

View Item View Item