Winanti, Yuli (2014) Pengembangan buku paket pembelajaran IPA terpadu model webbed dengan strategi react pada tema laut sebagai sumber kehidupan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP kelas VII / Yuli Winanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Winanti Yuli. 2014. Pengembangan Buku Paket Pembelajaran IPA Terpadu Model Webbed dengan Strategi REACT Pada Tema Laut Sebagai Sumber Kehidupan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Supriyono Koes Handayanto M.Pd Pembimbing (II) M.A (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata kunci paket pembelajaran IPA terpadu Webbed REACT prestasi belajar 12288 12288 12288 12288 Pemberlakuan kurikulum 2013 menuntut beberapa penyesuaian. Penyesuaian utama terletak pada penetapan delapan tingkat kompetensi yang berjenjang dan berkesinambungan yang berimplikasi langsung pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran di kelas mengisyaratkan perlunya buku siswa dan panduan guru kontekstual berdasarkan kurikulum 2013 yang mudah dipahami oleh siswa sebagai penunjang pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi terhadap implementasi kurikulum 2013 pada satuan pendidikan SMP di Kota Pasuruan dan Malang terdapat ketidaksiapan terhadap implementasi kurikulum 2013 terutama pada pengembangan bahan ajar. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan paket pembelajaran IPA terpadu dengan model Webbed dan tata urut (sequencing) strategi REACT pada tema Laut Sebagai Sumber Kehidupan yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP/MTs . 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1983) dengan beberapa penyesuaian. Prosedur pengembangan yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap studi pendahuluan tahap pengembangan produk dan tahap uji coba produk. Validasi isi/materi dan penyajian dilakukan oleh ahli dan praktisi dari kalangan dosen dan guru. Uji coba skala kecil untuk mengetahui keterbacaan siswa terhadap paket pembelajaran sedangkan uji coba skala luas merupakan metode kuasi eksperimen dengan desain pre-test-posttest control group design. Instrumen yang digunakan telah melalui validasi isi dan empirik dan layak untuk digunakan. Analisis data dibedakan menjadi dua yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan dari dosen siswa dan guru. Data kuantitatif berupa hasil penilaian subjek uji coba terhadap buku yang telah dikembangkan yang diperoleh dari jawaban angket data pre-test dan post-test. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji validasi produk pengembangan diperoleh nilai rata-rata dari validator ahli dan praktisi sebesar 87 95 dengan kualifikasi sangat tinggi .Berdasarkan hasil analisis deskriptif kualitatif yakni komentar dan saran yang diberikan ahli dan pengguna maka revisi dilakukan untuk perbaikan bahan ajar. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif uji normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa data gain ternormalisasi terdistribusi normal dan homogen maka uji beda yang digunakan adalah uji-t. Uji t pada nilai gain ternormalisasi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai Sig. (2-tailed)(0 000) 945 0 05 dan thitung 7 321 ttabel 2 667 yang berarti bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan nilai mean pada kelas kontrol sebesar 0 7138 dan pada kelas eksperimen sebesar 0 8514 dapat disimpulkan bahwa pada taraf kepercayaan 5% peningkatan prestasi belajar pada kelas eksperimen secara signifikan lebih besar dari pada peningkatan prestasi belajar pada kelas kontrol.Beberapa keunggulan produk hasil pengembangan yaitu 1) produk penelitian merupakan dokumen pendukung kurikulum 2013 yang saat ini masih belum banyak tersedia di lapangan 2) memberikan pemahaman yang lebih utuh terhadap konsep yang saling berhubungan menarik dan kontekstual 3) membuka wawasan tentang kelautan lebih dalam 4) Penggunaan Sequencing REACT sehingga bahan ajar lebih mudah dipahami. Beberapa kelemahan produk ini yaitu 1) layout yang memerlukan jumlah halaman lebih banyak 2) bahan ajar kurang optimal bila dibelajarkan pada pembelajaran berbasis masalah 3)peningkatan pada ranah psikomototrik dan afektif kurang optimal untuk dikembangkan. Berdasarkan kelemahan produk maka disarankan pada pengembangan produk lebih lanjut adalah 1) perlunya uji coba pada keseluruhan sub tema yang telah dibuat demi perbaikan produk yang lebih baik 2) dalam pengembangan bahan ajar di tahun tahun berikutnya perlu memperhatikan perkembangan produk terbaru tentang pengolahan hasil kelautan agar bahan ajar yang dikembangkan tidak ketinggalan jaman 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62692 |
Actions (login required)
View Item |