Agustina, Titin (2014) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan scffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar IPA siswa SMP Negeri 17 Pontianak / Titin Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Agustina T. 2014 Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP Negeri 17 Pontianak. Tesis Program Pendidikan Dasar Konsenterasi Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Muhardjito M.S Kata Kunci Kemampuan pemecahan masalah pembelajaran berbasis masalah prestasi belajar scaffolding 12288 12288 12288 12288 12288 Kesulitan siswa dalam proses penyelesaian masalah menyebabkan kelemahan pada pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah sehingga diperlukan adanya scaffolding yang berupa bantuan sementara yang dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar IPA siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan Postest Only Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak yang berjumlah 216 siswa pada 6 kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh satu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding dan satu kelas kontrol menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen perlakuan berupa silabus RPP lembar kerja siswa dan instrumen pengukuran kemampuan pemecahan masalah berupa uraian tes prestasi belajar dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji homogenitas menggunakan uji F normalitas data menggunakan uji Lilliefors pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji Tukey. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah IPA siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah (2) prestasi belajar IPA siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Prestasi belajar IPA siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62691 |
Actions (login required)
View Item |