Pengembangan perangkat asesmen autentik dalam pembelajaran PKn siswa kelasa V SDN Sawojajar 2 Kota Malang / Ludfi Arya Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat asesmen autentik dalam pembelajaran PKn siswa kelasa V SDN Sawojajar 2 Kota Malang / Ludfi Arya Wardana

Wardana, Ludfi Arya (2014) Pengembangan perangkat asesmen autentik dalam pembelajaran PKn siswa kelasa V SDN Sawojajar 2 Kota Malang / Ludfi Arya Wardana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardana L.A. 2014. Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SDN Sawojajar 2 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. (II) Dr. A. Rosyid Al Atok M.Pd. M.H. Kata Kunci Asesmen Autentik Pembelajaran PKn Mencermati tujuan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) salah satu misi yang diemban yaitu pembentukan karakter. Selain itu penilaian dalam mata pelajaran PKn lebih menekankan penilaian aspek afektif. Selama ini yang terjadi di lapangan guru kurang paham tentang penilaian sehingga guru kurang terampil dalam merencanakan melaksanakan menganalisis dan melaporkan penilaian. Berdasarkan pengumpulan informasi pada pembelajaran PKn kelas V di SDN Sawojajar 2 Kota Malang ditemukan masalah yaitu (1) penilaian cenderung hanya aspek kognitif sehingga aspek afektif belum terlaksana dengan baik (2) belum ada penilaian proses yang menggambarkan kemampuan sikap siswa dan (3) guru belum melakukan penilaian konsistensi perkembangan sikap. Tujuan pengembangan ini untuk mengatasi permasalahan di atas dengan menghasilkan perangkat asesmen autentik pada pembelajaran PKn yang mempunyai tingkat kevalidan keterterapan dan keterbacaan tinggi. Bentuk asesmen autentik yang dipilih yaitu asesmen kinerja dan asesmen sikap karena menyesuaikan karakteristik PKn yang menekankan aspek afektif. Selain itu dua bentuk asesmen tersebut melibatkan siswa untuk meningkatkan kinerja pembuatan hasil karya dan sikap dalam proses kegiatan pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg Gall yang telah dimodifikasi menjadi (1) pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi ahli (5) uji coba lapangan (6) produk akhir. Hasil validasi ahli dan uji coba lapangan perangkat asesmen yang dikembangkan mendapatkan nilai dalam kriteria valid dengan revisi kecil (4 11) kriteria sesuai pada keterterapan (4 27) kriteria sesuai pada keterbacaan (4). Untuk memaksimalkan penggunaannya sebaiknya perlu memperhatikan petunjuk penggunaan dengan seksama. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini perangkat asesmen autentik mempunyai keunggulan yaitu (1) instrumen asesmen sikap dapat melihat konsistensi sikap dalam kegiatan pembelajaran (2) terdapat simpulan rapor dan deskripsi dalam lembar asesmen sikap sehingga diketahui hasil konsistensi sikap siswa dan (3) asesmen kinerja menggambarkan keadaan sesungguhnya siswa dalam membuat produk. Saran produk asesmen autentik berbasis karakter ini yaitu (1) guru harus memahami dengan baik panduan asesmen (2) dilakukan penyebaran secara luas atau diseminasi dan (3) pengembangan produk lebih lanjut sebaiknya menggunakan bentuk asesmen autentik lainnya serta dikembangkan pada Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62688

Actions (login required)

View Item View Item