Pengembangan bahan ajar IPS berbasis nilai budaya lokal untuk kelas IV SDN Rampal Celaket 1 Kota Malang / Panut Setiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPS berbasis nilai budaya lokal untuk kelas IV SDN Rampal Celaket 1 Kota Malang / Panut Setiono

Setiono, Panut (2014) Pengembangan bahan ajar IPS berbasis nilai budaya lokal untuk kelas IV SDN Rampal Celaket 1 Kota Malang / Panut Setiono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Lokal Untuk Kelas IV SDN Rampal Celaket 1 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci bahan ajar IPS nilai budaya lokal Tari Topeng Malang 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Rapal Celaket 1 Kota Malang ditemukan permasalahan yang terjadi yaitu ketidaksesuaian bahan ajar yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan susunan materi pembelajaran belum mendekatkan siswa dengan lingkungan disekitarnya. Solusi pemecahan masalah yang dilakukan yaitu dengan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik dan lingkungan disekitar siswa. Bahan ajar IPS berbasis nilai budaya lokal penting dikembangkan untuk memberikan pembelajaran bermakna dan keberlanjutan budaya bangsa agar dapat mendekatkan siswa dengan akar budayanya serta melestarikan budaya bangsa dimasa mendatang. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan bahan ajar IPS berbasis nilai budaya lokal Tari Topeng Malang untuk siswa Kelas IV. Kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dinilai berdasarkan tingkat kevalidan kemenarikan keefektifan dan keterterapan. 12288 12288 12288 Pengembangan bahan ajar IPS berbasis nilai budaya lokal Tari Topeng Malang ini menggunakan model pengembangan Dick Carrey Carrey (2009). Langkah-langkah model pengembangan ini dilakukan sampai pada langkah ke 9 yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran dan ketrampilan bawahan (3) menganalisis pebelajar dan lingkungan (4) merumuskan tujuan khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi bahan pembelajaran. Langkah ke 10 ditiadakan karena dalam penelitian ini hanya diperoleh hasil berupa prototype produk saja sesuai dengan tujuan penelitian dan pengembangan. 12288 12288 12288 Setelah prototype produk selesai dikembangkan selanjutnya dilakukan proses uji validasi ahli uji coba perorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut bahan ajar IPS berbasis nilai budaya lokal Tari Topeng Malang sangat valid menarik efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi dengan tingkat kelayakan produk dari ahli isi/materi sebesar 95 82% validasi ahli desain diperoleh skor rata - rata sebesar 78 69% dan perolehan dari validasi ahli bahasa diperoleh hasil sebesar 76 25%Tingkat kemenarikan produk dengan skor presentase rata-rata sebesar 89 76% masuk kriteria sangat menarik. Produk efektif digunakan dengan rata-rata skor presentase sebesar 79 66%. Dan keterterapan produk sangat baik dengan presentase skor rata-rata sebesar 87 52%. 12288 12288 12288 Produk bahan ajar IPS yang telah dikembangkan dapat digunakan secara maksimal jika guru dan siswa mempelajari terlebih dahulu agar memudahkan dalam proses pembelajaran. Produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk kalangan lebih luas dengan penyesuaian terutama penyesuaian pada karakteristik siswa sebagai pengguna. Lebih lanjut bahan ajar ini dapat dikembangkan bersumber pada nilai-nilai Tari Topeng Malang dari wilayah lain di Malang serta bahan ajar yang sudah dikembangkan dapat diintegrasikan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Selain itu dalam implementasi kurikulum 2013 bahan ajar ini perlu dilakukan penyesuaian agar dapat digunakan melalui pendekatan multi disipliner dan inter disipliner.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62687

Actions (login required)

View Item View Item