Yulita, Heni (2014) Pengaruh pembelajaran model siklus belajar 5E berbantuan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif IPA di kelas VIII SMP Negeri 1 Lhokseumawe / Heni Yulita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yulita Heni. 2013. Pengaruh Pembelajaran Model Siklus Belajar 5E Berbantuan Mind Map Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif IPA di Kelas VIII SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPA Pasca Sarjana UM Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah S.Pd M.Pd (II) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata Kunci Model siklus belajar 5E mind map kemampuan berpikir kreatif hasil belajar kognitif. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif salah satu komponen penting dalam pembelajaran IPA untuk memfasilitasi siswa dalam mengidentifikasi penyebab dan pengaruh dari suatu fenomena alam di sekitarnya menghasilkan gagasan baru serta menerapkan cara berpikir baru dalam menyelesaikan masalah secara efektif. Menerapkan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dipandang akan mempercepat pemahaman siswa yang akan berpengaruh kepada hasil belajar kognitif siswa. Namun pengembangan kemampuan berpikir merupakan komponen yang jarang dijadikan sebagai tunjuan pembelajaran karena membutuhkan waktu yang lama dan teknik pembelajaran khusus. Pembelajaran model siklus belajar 5E berbantuan mind map diharapkan mampu memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kreatif dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII antara pembelajaran model siklus belajar 5E berbantuan mind map dan pembelajaran model siklus belajar 5E tanpa mind map (2) menguji perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII antara pembelajaran model siklus belajar 5E berbantuan mind map dan pembelajaran model siklus belajar 5E tanpa mind map. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Variabel bebas penelitian yaitu strategi pembelajaran berupa model siklus belajar 5E berbantuan mind map dan pembelajaran model siklus belajar 5E tanpa mind map. Variabel bebas ini akan diuji pengaruhnya terhadap variabel terikat kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Prosedur penelitian dimulai dengan memberikan pretest dilanjutkan dengan pemberian perlakuan dan diakhiri dengan pemberian postest. Pengujian hipotesis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan uji-t (t-test) untuk melihat melihat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa di kelas VIII antara pembelajaran model siklus belajar 5E berbantuan mind map dan pembelajaran model siklus belajar 5E tanpa mind map. Penelitian menemukan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII antara pembelajaran model siklus belajar 5E bernbantuan mind map dan pembelajaran model siklus belajar 5E tanpa mind map dengan nilai thitung (2 626) ttabel (1 962) dan signifikansi (0 01) 945 (0 005) sehingga H0 ditolak dan hipotesis penelitian diterima (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII antara pembelajaran model siklus belajar 5E bernbantuan mind map dan pembelajaran model siklus belajar 5E tanpa mind map dengan nilai thitung (4 700) ttabel (1 962) dan signifikansi (0 00) 945 (0 005) sehingga H0 ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini disarakan agar guru dapat menerapkan pembelajarn model siklus belajar 5E berbantuan mind map untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Namun guru hendaknya menggunakan materi yang kontekstual sehingga siswa lebih mudah dalam menentukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan simbol-simbol yang ada disekitar mereka.Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien guru hendaknya menerapkan aturan yang tegas dalam hal penggunaan waktu pelajaran karena pembelajaran model siklus belajar 5E berbantuan mind map memiliki tahapan dan sintaks yang cukup padat ditambah dengan tugas membuat mind map oleh siswa. Kemampuan visual siswa dan ketrampilan proses IPA merupakan variabel terikat lainnya yang dapat diteliti selanjutnya dalam hubungannya dengan pembelajaran model siklus belajar 5E berbantuan mind map
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62685 |
Actions (login required)
View Item |