Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media poer point untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Palu) / Rahmat - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media poer point untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Palu) / Rahmat

Rahmat (2014) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media poer point untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Palu) / Rahmat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmat. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Power Point untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas VIII.F SMP Negeri 1Palu) Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf Ph.D. Kata Kunci Numbered heads Together power point motivasi hasil belajar. Masalah aktual yang selalu menjadi pembicaraan adalah upaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil observasi di kelas VIII.F SMP Negeri 1 Palu menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa tergolong rendah karena siswa yang pasif dan kurang inisiatif (2) hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang mencapai KKM hanya 30% atau 9 anak dari 29 siswa dengan rata-rata nilai 60. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Peneliti sebagai paritisipan penuh dan dibantu oleh 2 guru IPS sebagai observer. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Palu dengan subyek penelitian siswa kelas VIII.F semester genap tahun 2012/2013 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Cara pengumpulan data menggunakan observasi tes angket dan dokumen. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian penerapan model pembelajaran NHT dengan media power point yaitu (1) penerapan model pembelajaran NHT dengan media power point oleh guru dan siswa terlaksana dengan baik melalui tahapan penomoran penugasan diskusi pemanggilan nomor siswa tanggapan dan penyimpulan sehingga dapat menumbuhkan sikap dan keterampilan sosial anak seperti kerjasama empati dan sabar (2) penerapan model pembelajaran NHT dengan media power point dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya hasrat untuk berhasil dorongan dalam belajar harapan dan cita-cita masa depan penghargaan terhadap belajar dan ketertarikan dalam belajar serta (3) hasil belajar siswa meningkat dimana ketuntasan klasikal siklus I mencapai 65 51% meningkat menjadi 89 93% pada siklus II atau meningkat sebesar 26 64%. 12288 12288 12288 12288 Saran yang diberikan adalah (1) penerapan model pembelajaran NHT hendaknya dikombinasikan dengan model-model lainnya yang bersifat permainan (game) (2) hendaknya guru berupaya menerapkan model pembelajaran kooperatif yang lain karena diharapkan dapat menekan sifat anarkis khususnya pada siswa (3) sekolah hendaknya mampu merumuskan kebijakan yang mengarah pada peningkatan profesionalisme guru dalam memilih dan mengembangkan model pembelajaran dan (4) peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian sejenis di masa-masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62684

Actions (login required)

View Item View Item