Amelia, Delora Jantung (2014) Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Rampal Celaket 1 Malang / Delora Jantung Amelia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Amelia Delora. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Rampal Celaket 1 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPS. 12288 12288 12288 12288 Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Rampal Celaket 1 Malang jika dibiarkan terus menerus akan berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa padahal tujuan pembelajaran IPS di SD sangatlah penting yaitu membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan serta meningkatkan kemampua bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat. Adanya kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi nyata membuat peneliti mengembangkan multimedia interaktif. Multimedia interaktif dipilih sebagai solusi karena multimedia dapat meningkatkan ketertarikan siswa pada sebuah mata pelajaran memotivasi mereka dengan menarik perhatian. Produk multimedia interaktif ini di dalamnnya terdapat teks animasi suara dan vidio yang diwujudkan dalam perangkat lunak software. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan dan menghasilkan multimedia interaktif yang valid praktis efektif dan menarik sehingga proses pembelajaran dapat diselenggarakan secara interaktif inspiratif menantang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Pengembangan multimedia interaktif ini menggunakan model pengembangan modifikasi Borg Gall yang terdiri dari enam langkah yaitu studi pendahuluan yang dimulai dari mengunjungi sekolah mengkaji kebutuhan kemudian perencanaan dan mendesain produk setelah itu memvalidasi produk dan memperoleh persentase dari ahli media 77 5% ahli materi 86% setelah memperoleh kreteria valid maka dilanjutkan dengan uji coba produk dan memperoleh hasil untuk keevektifan aktivitas belajar 76 3% hasil belajar 87%. Kepraktisan memperoleh presentase 88 5% serta kemenarikan memperoleh 97 8%. setelah diuji coba produk maka langkah selanjutnya yaitu produk akhir. Produk ini dikemas dalam bentuk CD dan dilengkapi dengan petunjuk penggunaan guru dan siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan multimedia interaktif pada mata mata pelajaran IPS kelas IV materi Kenampakan Alam serta Hubungannya dengan keragaman Sosial dan Budaya sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar karena memenuhi kriteria valid praktis efektif dan menarik. Tahap pengembangan lebih lanjut multimedia interaktif ini dapat digunakan secara luas melalui penyempurnaan dengan tampilan 3D agar lebih menarik dengan penyesuaian karakteristik siswa lingkunagn sekolah serta sarana dan prasarana yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62682 |
Actions (login required)
View Item |