Penggunaan sumber belajar lingkungan sekitar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Durensewu II Pandaan Pasuruan / Suryono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan sumber belajar lingkungan sekitar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Durensewu II Pandaan Pasuruan / Suryono

Suryono (2014) Penggunaan sumber belajar lingkungan sekitar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Durensewu II Pandaan Pasuruan / Suryono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suryono. 2014. Penggunaan Sumber Belajar Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Durensewu II Pandaan Kabupaten Pasuruan. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.Hariyono M.Pd. (II) Prof. Dr.Punadji Setyosari M.Pd M.Ed. Kata Kunci motivasi hasil belajar sumber belajar lingkungan sekitar 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi terhadap praktik pembelajaran IPS di SDN Durensewu II Pandaan Kabupaten Pasuruan ditemukan beberapa permasalah. Permasalah yang terjadi ditandai dengan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS maka perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran IPS di sekolah ini dengan tepat. Ketidakoptimalan dari kualitas proses dan hasil tersebut disebabkan proses pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru (teacher centered). Metode ceramah masih sangat mendominasi kegiatan pembelajaran yang terjadi di kelas. Guru tidak mengembangkan sumber belajar yang mampu memotivasi dan mengaktifkan siswa. Motivasi merupakan daya penggerak dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas guna mencapai tujuan tertentu.Agar pembelajaran berpusat pada siswa (student centered) maka perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran. Pola pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar mempunyai asumsi bahwa belajar adalah mengembangkan imajinasi berpikir siswa terhadap masalah yang ada di sekelilingnya. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS melalui penggunaan sumber belajar lingkungan sekitar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas partisipasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan pada kualitas proses dan hasil belajar. Peningkatan tersebut meliputi 1) keaktifan belajar siswa kualitas interaksi dalam proses pembelajaran dan belajar 3) rasa senang siswa dalam belajar dan 4) pemahaman konsep tentang sumber daya alam (SDA) yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Peningkatan motivasi diukur dari hasil observasi selama proses pembelajaran terjadi kenaikan skor di siklus II yang signifikan jika dibanding pada pratindakan. Peningkatan hasil belajar kognitif ditandai dengan peningkatan skor rata-rata uji kompetensi dari pratidakan ke siklus II yang mampu melampaui KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62681

Actions (login required)

View Item View Item