Implementasi perpaduan problem based learning dengan kooperatif tipe CIRC untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII-A SMPN 4 Malang / Mastini - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi perpaduan problem based learning dengan kooperatif tipe CIRC untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII-A SMPN 4 Malang / Mastini

Mastini (2014) Implementasi perpaduan problem based learning dengan kooperatif tipe CIRC untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII-A SMPN 4 Malang / Mastini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mastini S.Pd. 2014. Implementasi Perpaduan Problem Based Learning dengan Kooperatif Tipe CIRC Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas VIII-A SMPN 4 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D Kata-kata kunci Problem Based Learning CIRC kemampuan memecahkan masalah hasil belajar kognitif IPA. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas VIII-A SMPN 4 Malang terdapat permasalahan yang dihadapi saat ini yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan hasil belajar kognitifnya. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya kemampuan memecahkan masalah (50 85) hasil belajar kognitif rendah (64 95) dan ketuntasan klasikal rendah (37 18). Upaya yang telah dilakukan oleh guru antara lain dengan menerapkan metode Group Investigation namun belum berhasil. Tujuan penelitian ini adalah membantu memecahkan masalah tersebut dengan cara mengimplementasikan PBL yang dipadukan dengan pembelajaran kooperatif tipe CIRC. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dari bulan September sampai November 2013. Masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan dan observasi (3) evaluasi dan refleksi. Pelaksanaan PTK ini juga mengimplementasikan lesson study yang mempunyai tahapan plan do see. Perpaduan PBL dengan kooperatif tipe CIRC memiliki 7 langkah (1) pembentukan kelompok (2) memberikan orientasi permasalahannya (3) mengorganisasi siswa untuk meneliti (4) membimbing investigasi kelompok (5) mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya (6) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dan (7) refleksi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII-A SMPN 4 Malang dapat ditingkatkan melalui implementasi perpaduan PBL dan kooperatif tipe CIRC. Pada siklus 1 hasil tes pemecahan masalah sebesar 68 06 dan kemampuan kerja kooperatif siswa dalam kelompoknya sebesar 3 05 (baik). Rata-rata hasil belajarnya mencapai 78 26 dengan ketuntasan kasikal 66 67%. Pada siklus 2 hasil tes pemecahan masalah sebesar 86 86 dan kemampuan kerja kooperatif siswa dalam kelompoknya sebesar 3 70 (sangat baik). Rata-rata hasil belajarnya mencapai 78 36 dengan ketuntasan kasikal 64 10%. Pada siklus 3 hasil tes pemecahan masalah sebesar 95 73 dan kemampuan kerja kooperatif siswa dalam kelompoknya sebesar 4 00 (sangat baik). Rata-rata hasil belajarnya mencapai 87 44 dengan ketuntasan kasikal 87 18%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi perpaduan PBL dan kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62678

Actions (login required)

View Item View Item