Pengembangan media flyer lab berbasis TIK untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX SMPN 1 Palopo / Wahyudin Wahid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media flyer lab berbasis TIK untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX SMPN 1 Palopo / Wahyudin Wahid

Wahid, Wahyudin (2014) Pengembangan media flyer lab berbasis TIK untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX SMPN 1 Palopo / Wahyudin Wahid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahid Wahyudin. 2014. Pengembangan Media Flyer Lab Berbasis TIK untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IX SMPN 1 Palopo. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. (II) Dr. Munzil M.Si. Kata Kunci Flyer Lab Kesiapan Belajar Prestasi Belajar. Salah satu upaya meningkatkan prestasi belajar IPA dapat dilakukan dengan penggunaan media untuk mendukung siswa dalam mempersiapkan diri dalam belajar. Flyer Lab merupakan media yang disusun untuk menyiapkan siswa sebelum kegiatan pembelajaran ekperimen. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media Flyer Lab dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Listrik Dinamis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model 4-D Thiagarajan dan Semmel. Prosedur pengembangan terdiri dari tiga tahapan yaitu define desain dan development. Data yang telah dikumpulkan melalui serangkaian evaluasi dibedakan menjadi tiga bagian yaitu (1) data hasil validasi ahli (2) data hasil validasi pengguna dan (3) data hasil uji efektivitas. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil validasi ahli bidang studi didapatkan nilai 88% termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil validasi ahli media didapatkan nlai 94% termasuk dalam kriteria sangat baik. Secara umum tanggapan validator pengguna terhadap media Flyer Lab ini berada dalam kriteria sangat baik. Setelah melalui serangkaian uji coba menunjukkan bahwa media Flyer Lab yang dikembangkan ini layak digunakan dalam pembelajaran pada materi listrik dinamis. Hasil uji efektivitas diperoleh nilai kesiapan belajar siswa pada kelompok eksperimen didapatkan nilai rata-rata sebesar 79 47 dengan 39 siswa dari 47 yang dinyatakan siap belajar sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan nilai rata-rata sebesar 64 03 dengan 19 siswa dari 47 yang dinyatakan siap belajar. Berdasarkan hasil analisis kuatitatif (uji t) untuk perolehan nilai kesiapan belajar memperlihatkan terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Pada perolehan nilai prestasi belajar (post test) siswa yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang siknifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol berdasarkan hasil analisis kuantitatif (uji t). Jika di analisis secara deskripsi rata-rata nilai kelompok eksperimen sebesar 81 35 dan 72 22 untuk kelompok kontrol. Berdasarkan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM didapatkan 40 siswa dari 47 pada kelompok eksperimen sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan 24 siswa dari 47. Dengan demikian produk media Flyer Lab yang dihasilkan telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62676

Actions (login required)

View Item View Item