Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis masalah tema "sport and health" untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP / Hamzah Ramdhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis masalah tema "sport and health" untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP / Hamzah Ramdhani

Ramdhani, Hamzah (2014) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis masalah tema "sport and health" untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP / Hamzah Ramdhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramdhani Hamzah. 2014. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Masalah Tema Sport and Health untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dra. Sri Rahayu M.Ed Ph.D. Kata Kunci pengembangan bahan ajar berbasis masalah prestasi belajar Bahan ajar IPA Terpadu yang dikembangkan pada penelitian ini adalah bahan ajar berbasis ma salah. Berdasarkan analisis standar kompetensi (SK) dan kompetensi da sar (KD) bahan ajar di kembangkan dengan menggunakan webbed model. Tujuan pe nelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar IPA Terpadu ber basis masalah yang teruji efektivitasnya. Bahan ajar dikemas dalam bentuk buku teks berbasis masalah dan disusun berdasarkan karakteristik siswa. Bahan ajar digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode R D (research and deve lop ment) ber-dasarkan Borg and Gall (1983). Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar IPA Ter padu tema Sport and Health kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dalam ben tuk buku teks. Ins trumen penelitian berupa angket lembar observasi dan tes prestasi be lajar. Angket terdiri atas angket analisis ketersediaan dan kebutuhan bahan ajar ang ket validasi kelayakan bahan ajar dari ahli materi dan pengembangan bahan ajar ang ket penilaian bahan ajar dari guru IPA dan angket penilaian keterbacaan dan ke tertarikan bahan ajar dari siswa kelas IX. Hasil validasi bahan ajar dari ahli materi dan pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar sudah cukup valid dan penilaian dari empat guru IPA menunjukkan bahwa bahan ajar secara umum sudah baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan ha sil analisis keterbacaan dan ketertarikan bahan ajar oleh dua pu luh siswa kelas IX diperoleh hasil bahwa bahan ajar yang di-kembangkan sangat mu dah terbaca dan sangat menarik bagi siswa. Uji efektivitas bahan ajar dilakukan de ngan menggunakan desain posttest only control group. Pelaksanaan pengujian efek tivitas bahan ajar dilakukan selama 9 kali pertemuan dengan menggunakan me tode pembelajaran koo peratif. Hasil tes prestasi belajar setelah perlakuan me nunjukkan perbedaan yang signifikan an tara kedua kelas. Nilai rata-rata prestasi be lajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata prestasi belajar kelas kon trol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62674

Actions (login required)

View Item View Item