Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis masalah top[ik energi, makanan dan sistem pencernaannya untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP kelas VIII / Kurniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis masalah top[ik energi, makanan dan sistem pencernaannya untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP kelas VIII / Kurniati

Kurniati (2014) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis masalah top[ik energi, makanan dan sistem pencernaannya untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP kelas VIII / Kurniati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Masalah Topik Energi Makanan dan Sistem Pencernaannya untuk Meningkatkan Pe-nguasaan Konsep Siswa SMP Kelas VIII. Tesis Pogram Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA SMP Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si (II) Dra. Sri Rahayu M.Ed Ph.D. Kata Kunci Bahan ajar IPA Terpadu Berbasis masalah Mata pelajaran IPA di SMP seharusnya dipelajari siswa secara terpadu yaitu keterpaduan antara kajian biologi fisika dan kimia. Bahan ajar terpadu dapat dikemas dengan tema atau topik yang memiliki keterkaitan konsep bidang kajian IPA yang relevan sehingga siswa memperoleh pengetahuan yang utuh. Pada hakikatnya pembelajaran IPA sangat membutuhkan kegiatan yang melibatkan siswa dalam memecahkan suatu masalah. Hasil observasi dan wawancara awal menunjukkan bahwa guru selama ini masih belum mengajarkan IPA secara terpadu disebabkan oleh silabus IPA belum terpadu latar belakang pendidikan guru yang berasal dari kajian ilmu fisika dan biologi sehingga pemahaman guru terhadap kesatuan IPA belum komprehensif serta buku pelajaran IPA yang digunakan siswa belum terpadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis masalah topik energi makanan dan sistem pencernaanya yang layak dan efektif digunakan dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran IPA terpadu. Bahan ajar ini dikembangkan menggunakan langkah pengembangan dari Sukmadinata. Langkah penelitian pengembangan terbagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama yaitu penelitian pendahuluan terdiri dari studi kepustakaan survai lapa -ngan dan penentuan spesifikasi produk. Tahap kedua yaitu pengembangan terdiri dari penyusunan produk awal atau draf 1 validasi ahli dan praktisi revisi draf 1 menjadi draf 2 uji coba kelompok kecil revisi draf 2 menjadi produk. Tahap ketiga pengujian yaitu me nerapkan bahan ajar yang dikembangkan pada uji coba lapangan terbatas. Produk hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar IPA terpadu untuk siswa dan panduan guru. Bahan ajar yang dikembangkan menyajikan masalah besar di awal sajian masalah-masalah kecil yang menggiring siswa menjawab masalah besar di awal. Bahan ajar juga menyajikan aktivitas siswa untuk mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari penyajian gambar yang menarik dan menyediakan aktivitas Lab Mini agar siswa lebih aktif dalam belajar. Hasil validasi oleh ahli dan praktisi pada kelayakan isi dan penyajian bahan ajar adalah 3 63 dari 4 0 masuk pada kriteria sangat layak. Penguasaan konsep siswa menggunakan bahan ajar IPA terpadu lebih tinggi dan berbeda signifikan dibandingkan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar IPA terpadu. Hasil ini menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil angket presepsi siswa juga menunjukkan respon positif pada bahan ajar IPA yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62673

Actions (login required)

View Item View Item