Isroin, Siti (2014) Penerapan inkuiri terbimbing disertai penulisan jurnal belajar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Srengat Blitar / Siti Isroin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Isroin Siti. 2014. Penerapan Inkuiri Terbimbing Disertai Penulisan Jurnal Bela-jar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII I SMP Negeri 1 Srengat Blitar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc.. Ph.D. (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci inkuiri terbimbing jurnal belajar aktivitas siswa dan hasil belajar. Pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar pada umumnya masih bersifat teacher centered di mana guru memberikan materi pelajaran dengan cara ceramah sehingga aktivitas siswa menjadi kurang dan siswa menjadi pasif. Siswa tidak terbiasa mengajukan dan menjawab pertanyaan serta mengajukan pendapat hasil belajar IPA secara umum masih di bawah KKM. Guru jarang atau bahkan tidak pernah memeriksa dan mengomentari catatan siswa. Berdasarkan latar belakang inilah perlu kiranya adanya pembaruan metode mengajar dari teacher centered menjadi student centered dan diperlukan pening-katan aktivitas siswa. Salah satu alternatif pemecahan masalah yaitu dengan me-nerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai penulisan jurnal belajar. Dipilihnya inkuiri terbimbing dan penulisan jurnal belajar karena menurut bebe-rapa penelitian model pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil be-lajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang pelaksana-annya diimplementasikan dengan Lesson Study. Penelitian bertujuan untuk me-ngetahui bagaimana penerapan inkuiri terbimbing disertai penulisan jurnal belajar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII I SMP Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2013-2014 dengan siswa sebanyak 30 orang. Penelitian berlangsung dalam tiga siklus. Instrumen-instrumen yang diperlukan dalam pengambilan data penelitian berupa 1) Lembar observasi keterlaksanaan inkuiri terbimbing disertai penulisan jurnal belajar 2) Lembar ob-servasi aktivitas siswa 3) Tes hasil belajar Kognitif 4) Lembar observasi hasil be-lajar psikomotor dan 5) Format jurnal belajar. Penulisan jurnal belajar dilakukan setiap akhir pembelajaran dilakukan di luar jam belajar dan dikumpulkan pada guru pada pertemuan berikutnya selanjutnya guru akan membaca dan mengoreksi jurnal yang dikumpulkan siswa kemudian memberikan komentar dan nilai. Jurnal belajar dikembalikan pada siswa pada pertemuan berikutnya. Selama berlang-sungnya penelitian diperolah hasil sebagai berikut 1) Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke II bertanya 4 25 menjawab10 mengajukan pendapat 2 75 dan da-ri siklus II ke III bertanya 15 menjawab 7 5 mengajukan pendapat 12 25 2) Pe-ningkatan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dari siklus I ke II sebesar 8 33 dan pada siklus II sudah terlaksana 100% sedangkan keterlaksanaan belajar oleh siswa dari siklus I ke II sebesar 7 69 dan pada siklus II sudah terlaksana 100% 3) rata-rata hasil belajar kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke II sebesar 8 87 dan siklus II ke III 0 8 sedangkan ketuntasan kelas mengalami kenaikan dari siklus I ke II sebesar 33 33 dan sudah mencapai 100% pada siklus II. Hasil belajar psikomotor mengalami kenaikan dari siklus I ke II sebesar 2dan siklus II ke III sebesar 3 4) peningkatan keterlaksanaan penulisan jurnal belajar dari siklus I ke II sebesar 12 4 dan II ke III sebesar 5 8. Seluruh data hasil penelitian dianalisis se-cara kualitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan inkuiri terbimbing disertai penulisan jurnal belajar dapat disimpulkan bahwa telah terjadi kenaikan dalam aktivitas be-lajar dan hasil belajar siswa. Disarankan penerapan inkuiri terbimbing disertai pe-nulisan jurnal belajar digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Guru dapat membiasakan diri memberikan tugas menulis jurnal belajar pada siswa karena penugasan ini ternyata sangat mengun-tungkan baik bagi guru maupun bagi siswa. Dengan menuliskan jurnal belajar gu-ru dapat mengetahui seberapa jauh siswa dapat menyerap materi pelajaran dan de-ngan segera guru dapat menindaklanjuti materi yang belum dipahami siswa se-dangkan bagi siswa jurnal belajar merupakan media refleksi bagi siswa dengan tugas ini siswa akan lebih banyak membaca dan menulis sehingga akan menam-bah daya ingatnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62672 |
Actions (login required)
View Item |