Perbedaan hasil belajar IPS model project based learning berbasis outdoor study dengan konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo / Ratna Danarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar IPS model project based learning berbasis outdoor study dengan konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo / Ratna Danarti

Danarti, Ratna (2014) Perbedaan hasil belajar IPS model project based learning berbasis outdoor study dengan konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo / Ratna Danarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Danarti R. 2014. Perbedaan Hasil Belajar IPS Model Project-Based Learning Berbasis Outdoor Study dengan Konvensional pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Dr. Achmad Amirudin M.Pd Kata kunci hasil belajar IPS model project-based learning berbasis outdoor study konvensional. IPS adalah mata pelajaran yang memuat konsep-konsep abstrak bagi siswa. Pemahaman konsep yang dimiliki siswa tidak akan bermakna apabila mereka tidak mampu mengaitkannya dengan kenyataan hidup yang ada di lingkungannya. Kenyataan di lapangan menunjukkan guru belum sepenuhnya memahami bagaimana menyampaikan materi IPS agar dapat dipahami oleh siswa dan bagaimana mengaitkan pengetahuan siswa dengan tantangan kehidupan sehari-hari. Kenyataan lain adalah hasil belajar siswa rendah. Pembelajaran IPS perlu ditunjang dengan media sumber belajar yang sesuai sehingga siswa dapat langsung mengalami melihat dan mengamati segala sesuatu yang terjadi pada lingkungannya. Pendekatan pembelajaran IPS yang sejalan dengan pemikiran ini adalah pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS sebelum dan sesudah penerapan model Project Based Learning berbasis Outdoor Study serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS pada kelas model Project Based Learning berbasis Outdoor Study dan konvensional. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan teknik pretes-posttest nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah kelas VII A dan VII B SMP Negeri 2 Ponorogo. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar kognitif penilaian sikap dan uji petik kerja. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan lembar observasi dan angket respon siswa. Validasi instrumen penelitian menggunakan validasi internal dan eksternal. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik uji t (paired samples t-test independent samples t-test) dengan menggunakan program SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembelajaran dengan model Project-Based Learning Berbasis Outdoor Study dapat berjalan dengan sangat baik. Sintaks model Project-Based Learning Berbasis Outdoor Study adalah planning creating dan processing. Respon siswa terhadap model pembelajaran sangat baik 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS sebelum dan sesudah pembelajaran model Project-Based Learning berbasis Outdoor Study dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS model Project-Based Learning berbasis Outdoor Study dengan model konvensional. Model Project Based Learning berbasis Outdoor Study berhasil dengan baik ketika tujuan pembelajaran berorientasi pada ranah afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan). Sedangkan untuk tujuan pembelajaran yang berorientasi pada ranah kognitif (pengetahuan) model konvensional lebih baik. Disarankan bagi guru 1) hendaknya guru menerapkan model-model pembelajaran kontekstual secara aktif dan kreatif 2) pemilihan model pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan karakteristik materi siswa dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan 3) hendaknya guru dapat mengelola waktu bahan pelajaran dan persiapan yang cukup serta perlu membangun komitmen yang kuat dengan siswa. Bagi sekolah disarankan mengambil kebijakan-kebijakan dengan mengedepankan pemanfaatan dan pengembangan model pembelajaran yang bersifat kontekstual yakni pembelajaran yang aktif inovatif lingkungan kreatif efektif dan menarik. Untuk peneliti lanjut disarankan untuk melakukan penelitian dengan kompetensi dasar lain yang mempunyai karakteristik konten dan subjek berbeda dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62671

Actions (login required)

View Item View Item